“Kita harapkan ekonomi kita di tahun depan (2016) juga sudah semakin membaik. Tentunya dengan ekonomi kita yang semakin baik, maka industri perbankan syariah juga akan semakin baik. Karena dengan ekonomi nasional yang membaik, maka ekonomi masyarakat juga akan terangkat membaik, sehingga akan semakin banyak pula masyarakat yang memakai jasa perbankan syariah,” jelas Setiawan kepada MySharing di sela-sela kegiatan iB Blogger Meet Up 2015 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Menurut Setiawan, perkembangan perbankan syariah di tahun 2015 sebenarnya juga tetap bagus, meski kondisi ekonomi nasional penuh dengan tantangan.

“2015, perkembangan perbankan syariah tetap cukup pesat, meski kondisi ekonomi nasional banyak mengalami kendala. Sehingga secara umum pertumbuhan industri perbankan syariah ini memang relatif lebih lambat dari tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, kalau kita melihat dari berbagai kampanye keuangan syariah, kita melihat animo masyarakat tetap sangat besar. Terbukti dengan jumlah rekening nasabah di bank syariah yang semakin besar, meski tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya,” jelas Setiawan.

Menurut Setiawan, untuk ke depannya, industri perbankan syariah akan berkembang dengan bagus.

“Kalau kita lihat perkembangan perbankan syariah masih tumbuh dan berkembang, meski trennya memang sedang melambat pertumbuhannya. Namun dari potensi yang ada, kita tetap optimis. Dan dengan upaya kita, yaitu bergantengan tangan besinergi antara lembaga stake holder terkait dengan pemerintah, maka kita bisa meningkatkan kembali pertumbuhan perbankan syariah di tanah air ini,” demikian Setiawan Budi Utomo – Deputi Direktur Pengembangan Produk dan Edukasi Departemen Perbankan Syariah OJK.

sumber: mysharing.co