• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Nur Azifah, SE., MSi dan Siti Rahayu, SE juara kategori Peneliti Madya (Peneliti Senior) Terbaik Tingkat Nasional dalam Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FRESK) IV 2015

IMG-20151110-WA0003

Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) IV 2015 telah diselenggarakan pada tanggal 3-4 Nopember 2015, di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur sebagai tuan rumah. FRESK IV merupakan konferensi ilmiah sekaligus ajang kompetisi paper bergengsi terbesar tingkat nasional yang diadakan secara reguler oleh Otoritas Jasa Keuangan RI (OJK) bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Tahun 2014 yang lalu, Gunadarma pernah menjuarai Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) ke-II yang diraih oleh Saudara Ricky Dwi Apriyono dari Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma pada kategori Peneliti Muda (Peneliti Pemula) di IPB, Bogor.

Tema FRESK IV 2015  ‘Membangun Industri Pasar Modal Syariah yang Tumbuh, Stabil, dan Berkelanjutan’. Sesuai dengan tema, penyelenggaraan FREKS IV 2015 ini juga bertujuan sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi, regulator dan masyarakat untuk berkontribusi ide, gagasan dan kritik yang membangun dalam pengembangan industri keuangan syariah khususnya pasar modal syariah.

 

Acara diawali dengan keynote speech dari Bapak Prof. Bambang Brodjonegoro. Ph.d selaku Menteri Keuangan RI sekaligus Ketua Umum IAEI, dalam kesempatan ini beliau memaparkan memaparkan kondisi perekonomian Indonesia serta pengembangan industri ekonomi dan keuangan syariah pada saat ini serta menyampaikan harapan kepada para finalis FREKS IV 2015 ‘semoga seluruh finalis dan juara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah IV 2015 ini kelak akan menjadi ilmuwan Ekonomi Syariah di masa mendatang’.

 

Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia Pelaksana yaitu Bapak Prof. Candra Fajri Ananda, S.E., M.Sc.,Ph.D (Dekan FEB Universitas Brawijaya), sambutan dari tuan rumah Universitas Brawijaya yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS (Rektor Universitas Brawijaya), sambutan dari Pemerintah Daerah yaitu Bapak Dr. H. Soekarwo, SH, M. Hum (Gubernur Jawa Timur) dan sambutan sekaligus pembukaan dari petinggi OJK yaitu Ibu Ir. Nurhaida, M.B.A (Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK).

 

Setelah sambutan dilanjutkan dengan diskusi panel tema “Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Instrumen Pasar Modal Syariah” yang disampaikan oleh Bapak Tri Agung Winantoro (Direktur Utama PT. Asia Raya Kapital) selaku pelaku pasar modal syariah, Bapak Saat Suharto Amjad (Direktur Utama PT. Permodalan BMT Ventura) selaku pelaku usaha berbasis syariah, Bapak Dr. Aries Mufti S.E., S.H., M.Hum (Ketua Umum Asosiasi BMT Se-Indonesia (ABSINDO) selaku akademisi, Bapak H. Mahmud Ali Zain (Pondok Pesantren BMT Sidogiri) selaku pelaku usaha dari ponpes, dan Ibu Dr. Asfi Manzilati (Dosen Universitas Brawijaya) selaku moderator diskusi panel.

 

Di ruangan rektorat pada waktu yang bersamaan berlangsung Workshop Forum Koordinasi Penyusunan Kurikulum Ekonomi Syariah untuk Perguruan Tinggi yang dihadiri oleh para Rektor dari berbagai Universitas di Indonesia dan lembaga pemerintahan di bidang pendidikan. Keynote speech disampaikan oleh Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi), kemudian dilanjutkan oleh para pembicara yaitu Bapak Prof. Mansyur Ramly (Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)), Bapak Prof. Dr. Kamarudin Amin, MA (Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Kementerian Agama), dan Bapak Agus Sudiarto (Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO)). Pada pertemuan forum Rektor ini diharapkan dapat mempermudah perguruan tinggi yang akan membuka program studi atau jurusan Ekonomi Syariah terkait Kurikulum Ekonomi Syariah yang akan digunakan serta sinerginya terhadap kebutuhan SDM di industri syariah.

 

Pada tanggal 04 November 2015 dimulai tahapan final seleksi presentasi, 12 finalis paper memaparkan hasil risetnya pada parallel session yang akan dibagi menjadi 4 ruangan di mana masing-masing ruangan akan diisi oleh 3 finalis paper. Tim dari Universitas Gunadarma yaitu Nur Azifah dan Siti Rahayu mendapatkan jadwal parallel session di Ruangan C Universitas Brawijaya.

 

Selain saingannya yang cukup berat, parallel session di Ruangan C ini juga dihadiri dewan juri yang lebih banyak dibandingkan ruangan lainnya. Di mana setiap ruangan lainnya dihadiri oleh 2 dewan juri, sementara di Ruangan C ini ada 3 dewan juri yaitu Bapak Prof. Zilal Hamzah, Ph.D (Akademisi dari IAEI, Dosen Universitas Indonesia), Bapak Suminto, Ph.D (Direktur Pembiayaan Syariah, Kementerian Keuangan RI) dan Bapak Dr. Imam Subekti (Dosen Universitas Brawijaya). Sementara untuk para audience yang hadir di Ruangan C terdiri dari mahasiswa S2 dan S3 serta dosen dari berbagai Universitas di Indonesia.

 

Tim dari Gunadarma mendapatkan bagian presentasi terakhir pada jam 10.00-11.00 dengan pembagian waktu 20 menit presentasi hasil riset, 20 menit sesi tanya jawab dengan dewan juri, dan 20 menit sesi tanya jawab dengan audience yang hadir di ruangan tersebut. Perwakilan dari Tim Gunadarma untuk memaparkan hasil riset adalah penulis utama paper ini yaitu Saudari Nur Azifah., SE., M.Si. (Dosen Universitas Gunadarma). Azifah ini merupakan alumnus S1 Universitas Gunadarma jurusan Akuntansi angkatan 2008 yang aktif di Sharia Economic Forum (SEF) Universitas Gunadarma dan menyelesaikan studi S2 dengan nilai cum laude pada bulan Agustus 2015 di Universitas Indonesia jurusan Ekonomi dan Keuangan Syariah. Sementara penulis kedua adalah Siti Rahayu., SE (Asisten Dosen Universitas Gunadarma). Rahayu ini merupakan alumnus S1 Universitas Gunadarma jurusan Manajemen yang juga aktif di Sharia Economic Forum (SEF) Universitas Gunadarma dan asisten di Laboratorium Pengembangan Pasar Modal (LPPM-UG). Tim dari Gunadarma ini merupakan finalis yang paling termuda dibandingkan finalis lainnya di kategori Peneliti Madya, di mana finalis lainnya sebagian besar sudah memiliki gelar Professor dan Doktor sementara Azifah (24 Tahun) adalah lulusan S2 yang baru akan proses lanjut S3 Ph.D Islamic Finance dan Rahayu (23 Tahun) yang baru saja menyelesaikan program studi S1.

 

Hasil riset yang dipaparkan oleh Tim Universitas Gunadarma pada presentasi ini berjudul “Analisis Risk dan Return Portofolio Surat Berharga Syariah Negara dan Obligasi Pemerintah” dengan menggunakan pendekatan financial modelling atau mathematical method untuk mengkonstruksi kurva efficient portfolio frontier yang sesuai syariah.

 

Setelah selesai pemaparan presentasi, Azifah dan Rahayu menghadapi berbagai pertanyaan yang kritis dari para dewan juri yang merupakan Professor dan Doktor serta para audience yang sebagian besar juga adalah para professor, doktor, dosen dari berbagai universitas dan praktisi baik di lembaga pemerintah maupun perbankan syariah.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari prominent speaker yaitu Bapak Dr. Hylmun Izhar (Islamic Development Bank) mengenai Global Islamic Finance Outlook. Setelah selesai pemaparan presentasi dari IDB, selanjutnya adalah Pengumuman dan Pemberian Award Best Papers FREKS IV 2015 yang disampaikan oleh Prof. Zilal Hamzah selaku perwakilan dari dewan juri dan IAEI. Akhirnya, setelah melalui beberapa seleksi yang ketat dan hasil diskusi seluruh dewan juri FREKS IV 2015 maka dari 12 finalis paper terpilih 3 juara terbaik kategori peneliti muda dan 3 juara terbaik kategori peneliti madya sebagai berikut:

 

Juara Paper Terbaik Kategori Peneliti Muda (Peneliti Pemula):

1. M Maulana Hamzah, “Prospek Pengembangan Green Municipal Islamic Bonds Pada Daerah Berpotensi Sukuk di Indonesia” (Mahasiswa Magister Manajemen Syariah, IPB) dengan nilai 80.19.

2. Dinda Imani K. dan M. Krishna Vesa, “Analisa Hukum Penggunaan Special Purpose Vehicle Untuk Sukuk Korporasi Di Indonesia: Usaha Peningkatan Jumlah Investor Asing.” (Mahasiswa S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia) dengan nilai 79.19.

3. Kahfi Riza, “Analisis Valuasi Bank Umum Syariah Sebagai Proyeksi Kesiapan Partisipasi Di Pasar Modal Indonesia” (CMO Analyst – Strategic and Finance Division PT. BNI Syariah) dengan nilai 77.25

 

Juara Paper Terbaik Kategori Peneliti Madya (Peneliti Senior):

1. Assoc. Prof. Rifki Ismal, Ph.D “Sekuritisasi SBSN Untuk Pengembangan Pasar Keuangan Syariah Indonesia “ (Dosen STEI TAZKIA) dengan nilai 77.43.

2. Dr. Oktaviani. SE,. MM, “Pemodelan Sukuk Mudharabah Indonesia Dengan Metodologi System Dynamics” (Dosen Universitas Islam Riau) dengan nilai 75.93.

3. Nur Azifah, SE., M.Si dan Siti Rahayu, SE “Analisis Risk Dan Return Portofolio Surat Berharga Syariah Negara Dan Obligasi Pemerintah” (Dosen dan Asisten Dosen Universitas Gunadarma) dengan nilai 75.52.

 

Dengan prestasi yang diraih oleh Nur Azifah dan Rahayu semoga dapat terus mengembangkan potensinya dan lebih berkontribusi lagi dalam pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia, serta semoga prestasi yang telah diraih oleh keduanya dapat menumbuhkan semangat dan inspirasi bagi seluruh civitas akademika Universitas Gunadarma di bidang pengembangan penelitian khususnya pada Ekonomi Syariah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: