• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Perbankan Syariah Diminta Gandeng Pebisnis Muda

image

SURABAYA — Ketua Bisnis Muslim Indonesia Misbahul Huda mengatakan, para pelaku perbankan syariah bisa meraih peluang untuk lebih berkembang dan mendukung kinerja perekonomian nasional. Salah satu caranya, yaitu menggandeng para pengusaha/pebisnis muda.

“Harapan pengusaha, bank syariah bisa membaca kecenderungan terus meluasnya gerakan berbisnis tanpa riba, yang diminati pengusaha muda,” katanya dalam seminar “Edukasi Keuangan Syariah untuk Pengusaha” di Surabaya, Rabu (28/10) dikutip Antara.

Misbahul mengatakan, dalam situasi ketidakpastian yang terjadi karena krisis, peluang ekonomi syariah untuk dikenal masyarakat sangat besar. Karena, memiliki kesempatan untuk berinovasi dengan wirausahawan muda.

Perbankan syariah dinilai bisa berkreasi dengan melahirkan inovasi syariah unggulan. “Terutama pada situasi krisis seperti sekarang,” kata Direktur Utama Energi Agro Nusantara ini.

Misbahul menganggap perbankan syariah bisa makin maju karena pengusaha telah mendukung keterlibatan ekonomi syariah dalam meningkatkan kinerja perekonomian nasional. Namun, implementasinya masih menimbulkan sejumlah catatan.

Salah satunya adalah pelaksanaan transaksi syariah yang masih abu-abu karena sistem bagi hasil yang tidak jauh berbeda dengan riba. Serta, para Dewan Pengawas Syariah yang belum memahami sepenuhnya konsep ekonomi syariah.

Keluhan lainnya adalah pelayanan perbankan syariah belum sepenuhnya memuaskan, tidak profesional, serta prosedurnya berbelit, dan sumber daya manusianya masih memiliki pola pikir seperti pelaku bank konvensional.

Untuk itu, Misbahul yang juga Ketua Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia ini mengharapkan adanya harmonisasi kebijakan fiskal pemerintah dengan jasa keuangan syariah yang tetap menjaga suasana perekonomian yang kondusif serta edukasi pemahaman masyarakat tentang produk lembaga keuangan syariah melalui komunitas dan asosiasi pengusaha. “Semua itu harus dilakukan untuk menghasilkan pelayanan maupun produk syariah yang benar-benar syar’i,” tuturnya.

Sumber: Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: