• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Keuangan Mikro Syariah Jadi Opsi untuk Jangkau Masyarakat Pelosok

serbu-pasar-1Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang gencar mendorong keuangan inklusif agar seluruh masyarakat di tanah air memperoleh akses lembaga keuangan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, mengatakan penetrasi layanan keuangan hingga ke pelosok sangat diperlukan, terutama keuangan mikro. “Keuangan mikro syariah juga harus didorong karena syariah lebih pas, terutama saat berhubungan dengan masyarakat kecil,” ujar dia.

Muliaman menambahkan keuangan mikro syariah perlu dipertimbangkan untuk menjadi opsi layanan lembaga keuangan. Ia menyontohkan langkah yang dilakukan oleh Bank BTPN yang masuk ke kelas mikro dengan menggunakan BTPN Syariah. Oleh karena itu, lanjutnya, industri harus siap agar tak tertinggal.

“Kalau industri kurang siap maka akan tertinggal, maka diperlukan kesiapan yang memadai. Jadi ketika ingin meningkatkan penetrasi yang besar sampai ke daerah pelosok, maka keuangan mikro syariah perlu untuk dipertimbangkan,” papar Muliaman.

Ia menambahkan pemerintah yang memiliki kebijakan mengucurkan program dana desa, kartu Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar pun hendaknya dapat membuat lembaga keuangan syariah turut serta dalam penyaluran program tersebut. “Kalau itu dilakukan lewat jaringan keuangan syariah akan sangat baik, karena lembaga keuangan syariah bisa berperan dalam mendorong dan berpartisipasi terutama dalam mendorong masyarakat banyak,” papar Muliaman.

Di sisi lain, menurut Muliaman, diperlukan pula anak muda untuk menggerakkan keuangan mikro syariah sebagai bentuk dukungan lebih konkrit dalam pengembangan keuangan syariah. “Perlu anak muda baru untuk menggerakkan keuangan syariah mikro agar bisa menjadi basis atau membuka akses, sekaligus mendorong keuangan inklusif,” pungkas dia.

Sumber: mysharing.co

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: