• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

SHARIA STREAM “Digitalisasi dan Kesetaraan Perbankan Syariah”

Indonesia Banking Expo , sharia stream, sef gunadarma

Sabtu, 11 September 2015 Sharia Economic Forum mengikuti seminar nasional dalam acara Indonesia Banking Expo 2015 yang bertempat di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta. Acara ini berlangsung setiap tahun. Acara dimulai pada jam 09.00 s.d 18.00 WIB. Seminar dibuka dengan tarian tradisional yang dibawakan oleh 6 orang wanita. Dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Bapak Agus Sudiarto selaku ketua Asbisindo. Beliau mengatakan bahwa perbankan syariah di Indonesia memiliki perkembangan dan kemajuan yang bagus, total ATM perbankan syariah mencapai 3.400 sedangkan bank konvensional 81.000 buah. Hal ini perlu dikaji lebih dalam dan dicari solusi yang bagus supaya bank syariah dapat memperluas jaringannya. Perbankan syariah juga harus memiliki features dan layanan yang sama atau setara dengan bank konvensional supaya masyarakat tertarik dengan bank syariah.

Setelah acara dibuka oleh Bapak Agus Sudiarto, sambutan dilanjutkan oleh Bapak Mulya E. Siregar selaku Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK. Beliau sangat mendukung sekali lembaga-lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia untuk lebih maju dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian bangsa. Namun pada tahun 2013-2015, perbankan syariah mengalami pertumbuhan yang lambat. Karena indikator ekonomi makro dan ekonomi mikro mengalami penurunan, dan hal ini berdampak terhadap aktivitas perbankan syariah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai badan yang menjadi pengawas industri keuangan syariah, telah membuat peraturan-peraturan yang mengatur lembaga keuangan syariah tersebut. OJK berharap pemerintah juga membantu lembaga keuangan syariah dengan menjaga iklim investasi yang lebih kondusif. Dan menurut beliau juga harus ada kesetaraan dalam produk dan layanan kepada nasabah dalam bank syariah dengan bank konvensional. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang maju. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang maju, maka jumlah ATM dan cabang bank dapat dikurangi. Hal ini dilihat dari jumlah pengunaan internet di Indonesia yang mencapai 38,19 juta orang. Trend penggunaan internet dan mobile phone yang maju, diharapkan hal ini dapat membantu bank syariah. Digitalisasi bank syariah akan memajukan bank syariah.

Giliran Bapak Agus Mulyadi dari Anabatic Technologies untuk berbicara. Beliau menyampaikan secara sekilas mengenai Anabatic. PT. Anabatic Technologies adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa teknologi informasi. Pembicara kedua, Bapak Fahmi Ridho dari Bank Syariah Mandiri. Beliau menyampaikan tentang pertumbuhan bank syariah yang ada di Indonesia dan industry performance update.

Pembicara terakhir yaitu Bapak Ahmad Permana dari Permata Bank. Menurut penilaian beliau, bank syariah sudah setara dengan bank konvensional. Sudah selayaknya bank syariah setara dengan bank konvensional serta bank syariah tidak dibebani seberat bank konvensional. Bank syariah memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan bank konvensional. Bank syariah menghilangkan konsep riba dalam usahanya karena riba itu dilarang Allah, seperti dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 275 “..Sesungguhnya jual beli itu halal dan riba itu haram..”. Beliau juga berharap masyarakat Indonesia diberikan hidayah untuk dapat beralih dari bank konvensional ke bank syariah. Beliau mengajak para audience dan masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk bank syariah.

Laporan : Eka Purwati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: