• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Aset Keuangan Syariah Capai USD 3,2 Triliun Pada 2020

globalislamicfinance-300x200Berdasar laporan awal State of the Global Islamic Economy, dalam lima tahun mendatang aset industri keuangan syariah diperkirakan meningkat hingga 80 persen. Pertumbuhan ekonomi syariah global secara garis besar dihitung dari aset keuangan syariah. Keuangan syariah pun dinilai sebagai sektor yang paling berkembang diantara pilar ekonomi Islam.

Needs at ICD Thomson Reuters Islamic Finance Development Indicator (IFDI 2015), pada 2014 aset keuangan syariah diperkirakan mencapai 1,8 triliun dolar, dengan perbankan syariah mencatat pangsa pasar 74 persen dan sukuk sebesar 16 persen. Thomson Reuters pun memproyeksikan keuangan syariah akan tumbuh hingga 3,2 triliun pada 2020, dengan perbankan syariah mendominasi nilai aset sebesar 2,6 triliun dolar AS.2015, Aset Keuangan Syariah Global Lampaui 2,5 Triliun Dolar

Dikutip dari laman Arab News, Kamis (3/9), total lembaga keuangan syariah di seluruh dunia tercatat mencapai 1.143 unit.

Rinciannya 436 bank syariah dan unit syariah, 308 asuransi syariah dan 399 lembaga keuangan syariah lainnya, seperti perusahaan pembiayaan dan investasi syariah. Sebagian besar dari lembaga keuangan syariah tersebut berlokasi di negara-negara Teluk dan Asia Tenggara, sedangkan sisanya tersebar di Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Selatan dan negara lainnya. Kebanyakan aset keuangan syariah ada di Arab Saudi, Iran, Malaysia dan Uni Emirat Arab.

Industri keuangan syariah yang lekat dengan prinsip keuangan beretika, aktivitas fiskal produktif, dan pertumbuhan ekonomi riil pun membuat dunia keuangan global mulai menerima keuangan syariah. Belakangan ini acap ditemui perusahaan dan pemerintahan negara minoritas non muslim yang turut mengeluarkan inisiatif dan regulasi terkait pengembangan keuangan syariah, hingga menerbitkan sukuk.

Secara resmi Laporan State of the Global Islamic Economy akan dirilis di event Global Islamic Economy Summit yang dilaksanakan di Madinat Jumeirah, Dubai pada 5-6 Oktober 2015. Ajang yang digelar oleh Kamar Dagang Dubai, Dubai Islamic Economy Development Centre (DIEDC) dan Thomson Reuters ini diproyeksi akan menarik lebih dari 2000 pembuat kebijakan, pelaku usaha, dan akademisi.

Sumber: mysharing.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: