• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Wulan Ratna Dewi

Assalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.Wulan - Anggota SEF UG

Nama lengkapnya adalah Wulan Ratna Dewi. Keluarga, sahabat, teman, tetangga, dosen biasa memanggilnya dengan nama Wulan. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kedua saudaranya adalah perempuan dan selisih di antara mereka yaitu 8 tahun. Kakaknya sudah diberi amanah oleh Allah. Kakak Wulan bekerja sebagai bidan desa yang tidak begitu jauh dari tempat orang tuanya tinggal dan ia tinggal bersama dengan keluarga kecilnya. Adiknya baru masuk SMP Negeri tidak jauh dari rumahnya. Adik Wulan adalah satu-satunya anak yang menemani ibunya di rumah. Ia adalah orang sunda asli karena ibu dan bapaknya asli suku Sunda.

Ia menghabiskan waktu kecilnya bersama keluarganya. Dimulai dari TK Sejahtera 3 Bantarujeg, SD N 1 Babakansari, SMP N 1 Bantarujeg, dan SMA N 1 Talaga, semua sekolahnya berjarak dekat dengan rumahnya. Ketika ia lulus dari SD, ia ingin sekali melanjutkan pendidikannya ke sebuah pesantren yang berada di Ciamis. Namun, orang tuanya tidak mengizinkan. Hal yang sama ketika is lulus dari SMA. Ia  kembali  membujuk orang tuanya, meminta untuk kembali melanjutkan sekolah sambil pesantren. Namun, masih tetap tidak diperbolehkan. Alasannya karena khawatir terhadap  anak perempuannya yang belum cukup usia. Sehingga muncullah impian dirinya untuk mendirikan sebuah pesantren di Desanya  nanti. Semoga Allah meridhai.

Dimulai sejak itu, ia sering mengikuti pengajian-pengajian. Memantaskan diri meskipun tidak ada teman seumurannya tetap ia jalani. Singkat cerita, mulai dari tahun 2013 terbentuklah  Ikatan Remaja Masjid di Desanya yang beranggotakan ia dan teman-temannya. Sekarang, ia aktif sebagai pemuda pembantu di setiap acara Hari Besar Islam yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Untuk kuliah, orang tuanya mempercayainya untuk melangkah lebih jauh. Hal ini kemungkinan karena tidak ada universitas dekat rumahnya. Namun, ia percaya ini bagian dari skenario Allah yang tentunya tidak bisa dikalahkan oleh penulis manapun.

Ibunya sangat menginginkan anaknya menjadi seorang guru Matematika dan jurusan pendidikan merupakan jurusan SBMPTN yang dipilih oleh ibunya. Namun, Allah belum mengijinkan. Allah pilihkan yang lain tentunya pasti yang terbaik. Hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menerima jawaban atas setiap do’anya.

Ia adalah mahasiswi di Universitas Gunadarma jurusan Manajemen angkatan 2013.  Sekarang, ia tinggal di rumah kost di Depok. Di sebuah kamar kecil yang cukup untuk menjadi tempat istirahatnya. Kesan pertamanya saat ke Depok, sedih sekali melihat kondisi kampus yang terasa begitu sekuler. Namun, ia mencoba menenangkan hatinya dan untuk terus melakukan pencarian orang-orang yang mengejar cinta-Nya Allah SWT.

Buah manis dari sebuah kesungguhan, sampailah ia dipertemukan dengan teman-teman SMART UG FARIS saat tahsin. Sejak mengikuti tahsin, ia mulai mengenal SEF. Salah satu kakak mentornya di tahsin memperkenalkan kepadanya organisasi SEF, yang menurut beliau seperti keluarga kedua karena begitu erat ukhuwah islamiyahnya. Saat masih di bangku sekolah, ia sudah membulatkan tekad bahwa pada saat kuliah nanti untuk lebih aktif dan ikut kegiatan sosial maupun organisasi. Untuk mewujudkan, ia mencoba mencari tahu dan mulai penasaran sehingga saat ada event ia mulai mengikutinya.

Tibalah waktu ia jatuh cinta saat terkagum-kagum mengenai ilmu baru yang memang sudah selayaknya dipelajari dan diterapkan. Sebagai anak fakultas ekonomi, di dalam dirinya mempunyai keinginan menjadi seorang ekonom yang baik untuk kedepannya. Sangat benar jika kita membumikan ekonomi Islam yang memang sudah terpisahkan dari kehidupan kita sebagai kaum mayoritas muslim. Dengan semangat menggebu-gebu, tibalah saat oprec tahun 2014. Namun, di tengah perjalanan ada sedikit kendala, waktu itu agenda seleksi begitu padat sehingga tubuhnya yang belum terbiasa lelah mengalami sakit. Sampai pada akhirnya, ia memutuskan untuk berhenti, dengan janji untuk tetap mengikuti event-event SEF. Seiring berjalannya waktu, ia sangat menyesal dengan keputusan yang ia ambil. Namun, waktu akan tetap berjalan dan ia hanya bisa berpasrah, mengikhlaskan, serta menenangkan hatinya dengan berkata “Allah punya rencana lain Wulan. Kamu harus ikhlas melepaskan semua itu. Yang hanya boleh dilakukan sekarang yaitu terus berbuat baik”, ujarnya. Itu merupakan kata-kata penenang untuknya.

Seakan sebuah jawaban lain dari Allah, tidak lama setelah itu ada oprec Laboratorium Manajemen Dasar. Ia mencoba untuk ikut dan bertekad melewati setiap tahap untuk mewujudkan impian ibunya yang menginginkan anaknya menjadi guru matematika. Setelah mengikuti rangkaian seleksi yang cukup panjang, ia resmi menjadi asisten di Laboratorium Manajemen Dasar .

Waktu demi waktu ia lewati dengan berkuliah seperti biasa, dan waktu libur ia menjalankan amanah di Lab. Madas. Namun, ia juga tetap  mengikuti event yang diadakan SEF dan di kampus lain. Seperti, ia pernah mengikuti event tentang ekonomi Islam yang diadakan Unpad dan Perbanas. Melihat itu semakin ingin ia mencoba lagi untuk bergabung dengan tim hebat suksesnya setiap acara yang diadakan SEF. Dengan tekad kuat dan optimis, saat SEF mengadakan oprec tahun 2015 ia mencoba mengikutinya kembali. Setelah mengikuti DEI (23-26 Juli 2015), ia resmi menjadi anggota muda SEF masa amanah 2015/2016. Harapannya semoga ia bisa tetap beristiqomah di jalan dakwah ini. Seperti yang sudah ia katakan sebelumnya, “skenario Allah memang indah, sungguh indah, lebih indah dari skenario penulis mana pun.”

Kesan pertama saat berlangsungnya DEI, ia semakin yakin kalau kelompok orang-orang seperti SEF yang ia cari. Allah mengabulkan do’anya dan mempertemukannya dengan orang-orang yang mengejar cintanya Allah. Sungguh sangat bersyukur, Insya Allah ia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Sampai bertemu di telaga Rasulullah..

Wassalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: