• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Jangan Persulit Modal Bank Aceh Syariah

Meuseujid_RayaRektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Prof Dr Apridar SE MSi mendesak Pemerintah Aceh untuk segera mengalokasikan penyertaan modal pembentukan PT Bank Aceh Syariah.

“Jangan ada upaya untuk mempersulit atau mengulur-ulur waktu dengan berbagai alasan. Kalau bukan kita sendiri yang membumikan bank syariah di Bumi Serambi Mekkah ini maka kepada siapa lagi kita berharap?” kata Apridar yang secara khusus menghubungi Serambi, Rabu (7/1).

Pernyataan tersebut disampaikannya menyikapi dinamika yang terjadi belakangan ini, terutama pro kontra terkait dengan penyertaan modal pembentukan Bank Aceh Syariah. Menurut Apridar, alasan bahwa modal tak bisa dianggarkan karena tidak ada badan usaha adalah alasan yang dicari-cari.

Dia menjelaskan, pembentukan Bank Aceh Syariah sebenarnya sangat tergantung sepenuhnya pada komitmen dan political will Gubernur Aceh selaku pemegang saham. Gubernur tinggal menginstruksikan ke bawahannya di SKPA (Satuan Kerja Pemerintah Aceh) untuk memasukkan anggaran penyertaan modal.

“Menurut saya tidak ada aturan yang dilanggar untuk pemberian modal pembentukan Bank Aceh Syariah. Pertanyaannya, Gubernur selaku pemegang saham mau atau tidak memberikan modal untuk operasi bank tersebut pada tahun ini, sebagaimana keinginan masyarakat Aceh,” ujarnya.

Pembentukan Bank Aceh Syariah dikatakannya sudah sangat mendesak, agar rakyat Aceh yang mayoritas Islam tidak terus terbelenggu ekonomi ribawi (sistem bunga) yang menurut ulama sudah jelas hukumnya haram. Karena itu, ia berharap Bank Aceh Syariah bisa berdiri tahun ini, meski Qanun telah menetapkan paling lambat 2015.

“Kalangan ulama kita sudah berulangkali menyerukan agar pemerintah menjalankan ekonomi yang halal seperti perbankan sistem syariah. Salah satu yang sangat diharapkan adalah terbentuknya Bank Aceh Syariah yang terlepas dari Bank Aceh konvensional. Karenanya gubernur harus mendengarkan masukan ulama,” tegas Prof Apridar.

Rektor Unimal ini juga berharap agar gubernur tidak terlalu banyak mendengar masukan pihak-pihak yang sebenarnya berkeinginan menghambat lahirnya Bank Aceh Syariah, sehingga terkadang mempengaruhi keinginan gubernur menyahuti aspirasi ulama dan masyarakat.

“Sangat disayangkan, terkadang kita untuk kepentingan syariat Islam seperti Bank Aceh Syariah, terlalu berat dan sulit memberikan anggaran modal dengan dalih macam-macam. Padahal setelah kita kaji dibolehkan. Sementara kepada hal-hal lain seperti untuk modal bank konvensional dan perusahaan daerah lain yang tidak layak dapat modal justru dengan sangat mudah diberikan. Lalu kita bisa bertanya, sejauh mana tingkat keislaman kita kalau untuk kepentingan syariat sangat berat?” kata Prof Apridar mempertanyakan.

Kalangan ulama sebelumnya memang sudah mengingatkan Pemerintah Aceh agar serius membentuk Bank Aceh Syariah, apalagi masalah ini telah diatur dalam Qanun Bank Aceh Syariah yang disahkan DPRA beberapa waktu lalu. Ulama kecewa karena ternyata penyertaan modal pembentukan Bank Aceh Syariah tidak diusulkan dalam dokumen usulan rancangan APBA 2015.

“Jika penyertaan modal tidak diusulkan dari sekarang, itu sama artinya tidak ada komitmen untuk melahirkan Bank Aceh Syariah. Kami berharap agar gubernur sungguh-sungguh, seperti seriusnya memperjuangkan aturan turunan UU-PA,” kata Sekjen Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk Bulqaini Tanjungan, yang juga Pimpinan Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah Lueng Bata, Minggu (21/12)

Sumber: Serambi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: