• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

UNIVERSITAS GUNADARMA RAIH PAPER TERBAIK PADA FORUM RISET KEUANGAN SYARIAH OJK 2014

JpegOtoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan Forum Riset Keuangan Syariah (FRKS) 2014 dengan tema, “Mewujudkan Industri Keuangan Syariah yang Efisien, Berdaya Saing dan Berkontribusi Lebih Besar dalam Pembangunan Ekonomi Nasional” pada tanggal 14-16 Oktober 2014 bertempat di Institut Pertanian Bogor. Kegiatan ini merupakan perhelatan ilmiah akbar dalam bidang ekonomi syariah paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun.


FRKS diselenggarakan dengan tujuan membentuk suatu forum bagi para akademisi/peneliti menyampaikan gagasan dalam bentuk kajian ilmiah, serta mengukur perkembangan pengetahuan dan keahlian di bidang keuangan syariah. Forum riset ini juga diharapkan untuk dapat menumbuh kembangkan budaya riset yang aplikatif sesuai kebutuhan industri keuangan syariah, serta menjadi sarana untuk terjadinya pertukaran ilmu dan pengalaman dari para ahli di bidang keuangan syariah.

FRKS terdiri dari berbagai rangkaian acara di antaranya Prominent lectures on Islamic Finance oleh pakar keuangan syariah internasional, Professorship Lectures, presentasi dan pemberian penghargaan untuk paper-paper terbaik FRKS 2014, serta workshop pengembangan kurikulum ekonomi dan keuangan syariah. Para pembicara di antaranya; Muliaman D. Hadad, Ph. D (Ketua Dewan Komisioner OJK), Dr. Mulya E. Siregar (Deputi Komisioner OJK), Edy Setiadi (Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK), Dr. Mabid Ali Al-Jahri (Professor for Islamic Economics and Finance at Hamad bin Khalifa University, Doha, Qatar), Prof. Savas Alpay (Director General of the Statistical, Economic and Social Research and Training Centre for Islamic Countries (SESRIC), Turkey), dan Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin (Ketua Umum BAZNAS dan Professor Bidang Ilmu Dasar Agama Islam IPB), dan dihadiri pula oleh Gurbenur Jawa Barat sebagai Keynote Speaker, Dr. (HC) H. Ahmad Heryawan, Lc.

Kegiatan utama dalam acara tersebut adalah Call for Paper, terdiri dari hasil riset peneliti muda dan peneliti senior berjumlah 109 paper. Dari 109 paper tersebut, dipilih 12 paper unggulan untuk dipresentasikan, yang kemudian disaring lagi menjadi enam paper terbaik. OJK anugerahkan penghargaan dan uang senilai Rp 10.000.000,- untuk masing-masing tiga peneliti muda terbaik dan Rp 15.000.000,- untuk masing-masing tiga peneliti senior.

Jpeg

Ada yang unik dari keenam pemenang tersebut, Universitas Gunadarma yang diwakili Ricky Dwi Apriyono menjadi satu-satunya universitas pemenang yang tidak memiliki program studi ekonomi syariah. Sedangkan lima pemenang lainnya berasal dari universitas yan memiliki program studi ekonomi syariah, yaitu UI, IPB, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Walisongo, dan Universitas Islam Antarbangsa Malaysia. Hal ini bukanlah kali pertamanya Universitas Gunadarma menjuarai kompetisi-kompetisi di bidang ekonomi dan keuangan syariah, berhasil mengalahkan universitas-universitas yang memang memiliki program studi ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam penelitiannya yang berjudul “Analisis Tingkat Stabilitas Perbankan Syariah di Indonesia dari Perspektif Mikroprudensial”, Ricky menemukan bahwa krisis keuangan telah menjadi permasalahan serius di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan demikian, peningkatan stabilitas sistem keuangan merupakan solusi guna memelihara stabilitas ekonomi. Instabilitas perbankan syariah lebih disebabkan oleh gejolak internal perbankan, hal itu yang membuatnya lebih tahan dari hantaman gejolak makro. Oleh karena itu, kebijakan mikroprudensial seperti pengembangan konsep Integrated Banking Model, Pooling of Funds, dan Allocation of Funds diharapkan mampu mencegah terjadinya mismatch dan resiko likuiditas di dalam operasionalisasi perbankan syariah.

Dari presentasi Ricky yang berdurasi 30 menit di gedung CCR 2.08, dinilai langsung oleh Assoc. Prof. Rifki Ismal, Ph.D (Asisten Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial, Bank Indonesia) mendapat tanggapan positif, sangat bagus materi dan presentasinya. Waktu yang Ricky butuhkan untuk mempresentasikan paper berlangsung selama 24 menit atau enam menit lebih cepat dari waktu yang ditetapkan ”, imbuh Dr. Rifki Ismal.

Jpeg

Besar harapan atas salah satu prestasi yang diraih oleh Ricky, lulusan Universitas Gunadarma yang juga merupakan aktivis senior di Sharia Economic Forum (SEF) untuk dapat membuktikan bahwasannya SDM yang dihasilkan oleh SEF mampu berdaya saing secara global di sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah. Semoga dengan prestasi yang diraih oleh Ricky dapat mendorong Universitas Gunadarma untuk dapat segera membuka dan mewujudkan prodi Ekonomi Syariah. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

(Laporan: Puti Rahmadhani Ambun Suri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: