• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Afdhal Arman

IMG_5864Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh,

Seseorang yang “Nothing Special” namun berharap dapat menjadi special dimana pun saya berada. Perkenalkan nama saya Afdhal Arman Biasa di panggil Afdhal, Dhal, kelahiran Padang, 12 July 1994. Saat ini saya berstatus sebagai mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma. Alhamdulillah saya bahagia diterima di Universitas dengan jurusan IT terbaik Se-Indonesia.

Belum ada persiapan matang untuk kuliah di Swasta, karna pemikiran orang-orang “Ya prestige, sebagus apalah swasta tetep prestige kampus negeri lebih dipandang. Sebagai mahasiswa yang bermukim jauh dari tanah kelahiran, rasanya jika saya tidak berkembang dan menghasilkan sesuatu yang besar maka sia-sialah saya kuliah. Perasaan tersebut menjadi cambuk besar banget bagi saya. Mulailah saya berfikir untuk mencoba mengikuti organisasi yang bisa mengarahkan saya ke arah yang lebih baik lagi. Dan mulailah saya mencari organisasi apa yang baik dan berkualitas dan dapat mengembangkan diri saya.

Dan pencarian organisasi tersebut bermula saat saya mengikuti PPSPPT di Gunadarma. Saat itu dibagikan brosur berwarna biru dengan kata-kata, “Join SEF”. penasaran dengan organisasi ini, maka sepulang dari PPSPPT saya langsung mendaftarkan diri.

Setelah saya mencari tau mengenai Shariah itu seperti apa? Saya mulai tertarik dan ingin sekali rasanya belajar serius serta mengubah diri ke arah yang lebih baik. Singkat cerita, saat itu saya mendapatkan SMS untuk datang pada Aktualisasi Ekonomi Syariah. Excited rasanya saya mendapat info tersebut. “Soalnya kalau cuma kuliah tapi ga ada kegiatan apa-apa di luar itu rasanya jadi orang paling merugi di dunia akhirat” pikir saya. Dan saya pun mencoba mengajak teman-teman lainnya. Dari sekian banyak teman yang saya ajak, yang paling bertekad adalah Anin dan Nopi. Dan sejak itu, kami bertiga bertekad untuk dapat menjadi bagian dari SEF nantinya.

Sampai di lokasi Aksyar, saya mendapat kesan pertama yang sangat baik, Subhanallah saya kagum sekali pada saat itu, penyambutan dari kakak senior di sana ramah penuh senyuman dan itu terlihat ikhlas masing masing dari wajah mereka. Dan sepulang dari aksyar tersebut, kami bertiga semakin bertekad untuk dapat menjadi bagian dari mereka. Beberapa kali aksyar selalu saya ikuti dan saya sangat menekuni apa-apa saja bahan pelajaran yang diberikan oleh kakak-kakak senior di SEF.

Dan saat itu, SEF membuka lamaran sebagai “Partisipant GSENT”, saya mencoba mendaftar dalam event besar tersebut, namun sayangnya Allah belum berkehendak pada saya untuk menjadi bagian dari Partisipant GSENT SEF. Namun saya bersyukur, saya memiliki teman-teman yang mendukung saya untuk tetap semangat dalam mengejar ilmu.

Tidak diterima dalam Partisipant GSENT, rupanya Allah memiliki rencana baik lain untuk saya, SEF membuka Rekruitment untuk Anggota SEF masa amanah 2014/2015. Dan ini merupakan salah satu impian saya yang begitu begitu besar di Gunadarma, karena dari beberapa aksyar yang saya ikuti rasanya disinilah mungkin Allah memberikan pengganti tempat kuliah yang saya inginkan yang tadinya saya ingin di jurusan Komunikasi, tetapi allah berkehendak lain saya di Jurusan Akuntansi dan Allah memberikan tempat bagi saya untuk belajar berbenah diri dari yang awalnya “Nothing Special” saya harus menjadi “special” untuk orang-orang di sekeliling saya, dan saya rasa itu semua bermula dari SEF.

Sebelum proses seleksi, saya belajar dengan tekun dari semua modul aksyar yang saya dapatkan. Saya tidak ingin jika gagal kembali seperti di Partisipant GSENT sebelumnya. Dari kelima, (saya dan keempat tempat saya) yang ikut seleksi Rekruitment SEF. dua teman saya tidak lolos dalam seleksi. Dan hal itu membuat saya turut bersedih atas kesedihan teman-teman saya, saya mencoba memberikan semangat terbaik untuk keduanya untuk mencoba kembali di tahun depan. Semangat itu juga yang mereka berdua berikan kepada saya ketika saya tidak lolos menjadi participant GSENT.

Dari tahapan-tahapan seleksi yang saya ikuti, sampailah di seleksi terakhir yaitu Diklat Ekonomi Islam (DEI). Subhanallah kalau saya ceritakan detail bisa jadi buku atau novel sendiri. Di DEI saya belajar begitu banyak pelajaran yang belum saya dapatkan sebelumnya, serta ikatan persaudaraan yang sangat erat dan luar biasa sekali. Di sisnilah saya baru menyadari kebiasan kebiasan buruk yang saya lakukan harus segera saya tinggalkan jika ingin menjadi yang “special”. Selepas DEI saya mencoba belajar dan menerapkan untuk mengerjakan semua kegiatan yang saya akan lakukan itu semata-mata hanya satu niat ”Karena Allah”.

Di SEF, saya belajar memahami hal-hal yang baik dan buruk, seperti kalimat yang saya dapatkan saat DEI, “Biasakanlah Membiasakan Kebiasaan-Kebiasaan yang Biasa Dilakukan oleh Orang-Orang yang Biasa Membiasakan Kebiasaan-Kebiasaan yang Baik. Disinilah tempat saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tempat saya menuntut ilmu dan berbagi ilmu bersama teman-teman lainnya.

Merugilah orang-orang yang hanya memandang sesuatu dari sisi tulisan Shariah. Ketahuilah dibalik kata-kata shariah itu terdapat banyak kenikmatan dunia akhirat yang di berikan Allah. Inilah keluarga baru saya, keluarga yang bersedia membimbing saya dan membantu menunjukan arah jalan yang saya rancang. Semoga SEF Gunadarma kedepannya lebih baik, menghasilkan dan mencetak orang orang yang berkompeten di segala bidang yang senantiasa rendah hati, ramah, dan ikhlas semua hanya karena Allah.

EKONOMI SHARIA BISA !!!

TAKBIR “ALLAHU AKBAR”

Tinggalkan Balasan

