• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Kajian Internal Sharia Economic Forum “Urgensi Menuntut Ilmu”

IMG_1254Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma (SEF UG), Sabtu (30/11) Menyelenggarakan kajian keislaman yang mengangkat tema mengenai, “Urgensi Menuntut Ilmu” yang disampaikan oleh Ustad Najmi. Kajian ini merupakan bagian dari rangkaian acara Aktualisasi Ekonomi Syariah (AKSYAR) yang di adakan di bulan ke-dua.

Imam syafi’I Rohimahumullah berkata “Barang siapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dia berilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat maka hendaklah dia berilmu dan barangsiapa yang menginginkan dunia dan akhirat sekaligus maka hendaklah mempunyai ilmu

Allah menjelaskan begitu banyak di dalam Al-Quran tentang pentingnya menuntut ilmu, terdapat ancaman-ancaman bagi orang yang tidak mau menuntut ilmu. Ilmu akhirat maupun ilmu yang condong pada dunia keduanya sama-sama penting karena kita sekarang sedang berada di dunia untuk itu kita perlu untuk mempelajari ilmu dunia begitupun ilmu yang mendukung kita untuk kehidupan setelah kematian.  Semua ilmu akhirat dan dunia kita butuh dan kita perlu untuk mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kehidupan kita selama di dunia. Kalau menguasainya Insya Allah kita dapat hasil di dunia yang baik tetapi jangan lupa “Barangsiapa yang menginginkan akhirat dia bahagia dan nikmat syurga dari Allah maka dia pun harus berilmu tidak bisa tidak namun tidak semua yang beramal mendapatkan ganjaran di sisi Allah”, Seseorang yang beramal saja belum tentu mendapatkan ganjaran bagi Allah apalagi yang tidak beramal. Hal tersebut dikarenakan orang-orang yang beramal jika tidak dilandasi dengan berilmu maka amal tersebut amal yang salah, amal yang benar adalah beramal dengan ilmu yang benar tetapi amal tersebut tanpa didasari ilmu tentunya akan menjadi salah dan bahkan mendapatkan dosa meskipun beramal.

Allah berfirman “Katakanlah Muhammad kepada mereka maukah kami beritahukan kepada kalian tentang orang yang paling merugi perbuatannya di dunia ini? yaitu orang orang yang telah sia-sia dalam perbuatannya di dunia karena mereka beramal tanpa ilmu“. Orang-orang yang berilmu harus bisa membedakan antara tauhid dan syirik serta sunnah dan bid’ah. semuanya wajib kita ketahui dengan mempelajari ilmu ini yang tidak ada batas sampai dicabut nyawa kita oleh malaikat maut. Itulah waktu dimana kita baru selesai tugas dalam mempelajari ilmu. Di kampus mendapatkan ilmu duniawi seperti Ekonomi tetapi ada batasannya dan langsung bisa mengamalkan, serta dapat pula langsung bisa mengajarkan diterapkan ilmu itu di masyarakat atau di perusahaan tempat kita bekerja tetapi kalau masalah ilmu agama tidak ada batasnya. Seseorang bertanya kepada Hasan Al-Bashri seorang ahli fiqih seorang ulama besar ” Apakah saya sudah berumur 80 tahun masih layak untuk menuntut ilmu?” maka dia mengatakan bahwa masih layak dan wajib untuk menuntut ilmu sampai datangnya malaikat maut untuk . mencabut nyawa.

Allah menjelaskan begitu banyak keutamaan keutamaan orang yang menuntut ilmu dan juga ancaman-ancaman bagi orang yang tidak mau mempelajari ilmu, tentunya ilmu yang berkaitan dengan agama. Seseorang yang sering melakukan maksiat tentu saja ilmunya tidak akan berkah dan menambah keburukan bisa jadi dalam perjalanannya ilmu yang didapatkan ilmu yang salah. Suatu hari Imam Syafi’I mengadukan kepada gurunya, “Aku mengadukan perkaraku kepada Imam Waqiq tentang buruknya hafalanku”, lalu Imam Waqiq berkata,” Untuk meninggalkan maksiat dan dosa”. lalu Imam Waqiq berkata,” Ilmu itu cahaya dan cahaya Allah akan diberikan oleh orang-orang yang menjauhi maksiat, dan ilmu akan terus mendapatkan manfaat, keberkahan, dan kebaikan.”

(Laporan: Annisa Rahmah)

(Editor: Heru Prasetyo & Puti Rahmadhani Ambun Suri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: