• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

4 Jurus BI Besarkan Perbankan Syariah

bsm_100805164917JAKARTA — Bank Indonesia (BI) menyiapkan empat jurus untuk mendukung pengembangan industri keuangan syariah. Keempatnya, seperti kata Direktur Eksekutif BI Difi Johansyah, diperlukan agar pangsa pasar dan penyebaran industri keuangan syariah semakin besar.

Pertama, jelas Difi, penguatan struktur perbankan untuk mendukung pengembangan dan transformasi ekonomi nasional. Ini meliputi permodalan, likuiditas, dan hal-hal lain terkait dengan aktivitas serta kinerja perbankan nasional. 
“Kedua, koordinasi dan kolaborasi mikroprudensial dan makroprudensial untuk stabilitas sistem keuangan,” kata Difi pada “Outlook Perbankan Syariah 2014”. Langkah ini dilakukan melalui kebijakan makroprudensial seperti penentuan giro wajib minimum (GWM) dan rasio pembiayaan terhadap tabungan (FDR).
Jurus ketiga, edukasi dan promosi yang lebih terintegrasi dan masif seperti melalui implementasi Gerakan Ekonomi Syariah. Terakhir, Difi menuturkan, Bank Indonesia menyadari pentingnya sinergi dan koordinasi yang lebih erat antara para pengambil kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Tujuannya, agar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional ke depannya makin bagus.
Pangsa pasar perbankan syariah dalam peta perbankan nasional mencapai 4,8 persen per Oktober 2013. Jumlah rekening di perbankan syariah mencapai 12 juta rekening atau 9,2 dari total rekening perbankan nasional dengan jumlah jaringan kantor mencapai 2.925 kantor.
Sumber : Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: