• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

FoSSEI LEADERSHIP FORUM

1185550_669372316430999_126181320_n-1Sharia Economic Forum memenuhi undangan pelatihan dan gathering untuk para Pemimpin Organiasi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Se-Jabodetabek yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI).  FoSSEI Leadership Forum (FLF) terseleggara di  Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) TAZKIA , Sentul, Bogor 22 – 24 November 2013. FLF ini diikuti oleh 30 orang peserta dari 15 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI). Dari 15 KSEI tersebut diataranya SEF Univ. Gunadarma , LiSENSI UIN, Shine UI, Progress Tazkia dan SES-C IPB. Saudara Ashabul Kahfi selaku Ketua Umum Sharia Economic Forum serta Saudara Ahmad Husin (Wakil Kepala Divisi Sumber Daya Manusia) menjadi delegasi SEF Universitas Gunadarma dalam menghadiri kegiatan pelatihan tersebut. Tidak hanya mereka berdua, Saudara Muhamad Rizky Rizaldy (Dewan Alumni SEF) dan Khairul Adianto (Dewan Penasihat SEF) menjadi fasilitator pada kegiatan pelatihan tersebut. Sedangkan Bagus Fardianto dan Santoso Permadi sebagai  panitia.

Peserta FLF berkumpul pada hari jum’at malam untuk  duduk bersama, diskusi dengan  pemimpin-pemimpin KSEI Se-jabodetabek tentang kondisi masing-masing KSEI. Setelahnya semua peserta beristirahat. Dini hari pukul 03.00 WIB , peserta dibangunkan untuk berangkat ke Masjid Az Zikra untuk mendirikan sholat subuh serta mengikuti kajian setelah subuh yang biasa di isi oleh Ustadz Arifin Ilham. Ustadz Arifin Ilham memang tinggal di sebelah masjid ini, sehingga beliau selalu mengisi kajian setelah subuh di masjid Az Zikra. Kegiatan dipagi ini tentunya menambah ilmu dan semangat para peserta untuk mengikuti FLF sampai selesai.

Pelatihan Leadership dimulai pukul 08.00 WIB. Dibuka oleh lalntunan ayat suci Al – Qur’an oleh saudara Huda dengan Surat Al-mu’minun : 1-8. Lalu acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Saudara Reza Muhammad selaku Presidium 1 FoSSEI Nasional. Dalam sambutannya Reza mengatakan,” Pelatihan kali ini bertemakan Membangun Kembali Iklim Dakwah Ekonomi Islam Dalam Ukhuwah Bernuansa Ilmiah dengan Harmonisasi Gerakan dan Penguatan Karakter Kepemimpinan Ketua KSEI Regional Jabodetabek. Agenda ini bertujuan untuk melihat sejauh mana visi dan misi yang dimiliki oleh seorang pemimpin KSEI dan pengembangan visi dan misi tersebut serta mensinergikan para Pemimpin KSEI Regional jabodetabek untuk menciptakan harmonisasi gerakan ekonomi islam khususnya di Jabodetabek.”

Pelatihan leadership di isi oleh Setra. Setra adalah seorang pengusaha di Kalimantan dan seorang trainer yang sudah menggeluti bidang trainer selama lebih dari 5 tahun. Muhamad Rizky Rizaldy, Khairul Adianto dan Mamat menjadi fasilitator yang mendampingi  Setra selama pelatihan berlangsung. Pelatihan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Materinya sangat padat mulai dari Kepemimpinan, komunikasi, kreativitas, visi, misi dan memanfaatkan hambatan baik untuk pribadi maupun untuk organisasi. Pelatihan ini sangat menyenangkan karena metode pembelajaran yang diterapkan Setra sangat menyenangkan dan mudah dipahami sehingga tidak terlihat wajah-wajah lelah selama pelatihan berlangsung. Sebab, tidak hanya teori yang diberikan namun juga pelatihan kerja tim dan seimbang antara simulasi/praktek dan teori yang diberikan. Pada akhir pelatihan Setra memberikan pesan kepada peserta,”Dari pagi sampai malam ini hanyalah sebuah pembukaan pelatihan, isi pelatihan sebenarnya terletak setelah kalian menjalani kehidupan setelah keluar dari ruangan ini,tetap semangat dan saya yakin kalian bisa menjadi jauh lebih baik lagi.”

Setelah pelatihan selesai, peserta dipersilahkan untuk beristirahat.

Minggu harinya pukul 03. 00 WIB peserta dibangunkan untuk shalat tahajud lalu di lanjut sholat subuh di Masjid Andalusia. Setelah sholat subuh,  peserta FLF diberikan waktu untuk mempersiapkan diri pada acara selanjutnya. Pada pukul 06.00 WIB peserta berolah raga dengan bermain futsal bersama untuk menyegarkan dan menyehatkan diri, karena tidak bisa dipungkiri kesehatan sangat penting sekali dalam mencapat Visi dan Misi yang telah kita tetapkan. Pada pukul 08.00 WIB peserta sudah kembali keruangan pelatihan, karena agenda dilanjtkan dengan pemberiaan materi dari Yopi mengenai KeFoSSEIan. Yopi adalah alumni Universitas Brawijaya yang dahulu  menjadi Presidium Nasional (Presnas) 1 pada tahun peroide 2002-2003. Beliau berkata bahwa “ seluruh anggota FoSSei harus memiliki 5 aspek penting dalam menjalankan dakwahnya yaitu : 1) Respect ,       2) Melayani, 3) Komitmen, 4) Partisipatory, 5) Sinergi. In syaa Allah dengan ke-5 aspek tersebut setiap kegiatan yang dilaksanakan FoSSei akan terasa nikmat dan berjalan dengan lancar.

Setelah acara KeFoSSEIan berlangsung, pemimpin-pemimpin KSEI dikumpulkan untuk rapat Pemimpin KSEI. Pada rapat kali ini terbentur waktu sholat dzuhur, setelahnya rapat dimulai kembali dan berkahir pada pukul13.15 WIB. Dalam rapat ini kesimpulan yang bisa ditarik adalah FoSSei akan melakukan pemerataan dalam beberapa bidang diantaranya yaitu : bidang kesekretariatan, bidang kaderisasi, bidang keilmuan/kajian , bidang kepustakaan, bidang kelembagaan, dan bidang administrasi. Dan acara FLF ditutup dengan do’a dan foto bersama.

Semoga Ekonomi Syariah makin berjaya di Bumi Indonesia. EKONOMI SYARIAH, BISA !!(Santoso Permadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: