• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Sharia Economic Forum Mengikuti Kegiatan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!)

Perwakilan Akademis Forum Silaturahmi Studi ekonomi islam (FoSSEI) berfoto bersamaSharia Economic Forum Universitas Gunadarma – Jakarta. Gerakan Ekonomi Syariah (GRES!) diresmikan hari Ahad, 17 November 2013 di Monumen Nasional oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). GRES! sendiri   bertujuan untuk mengedukasi serta mensosialisasikan ekonomi syariah dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah. GRES! juga diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat bahwa ekonomi syariah tidak hanya sebatas perbankan syariah saja, tetapi juga merambah bidang lain yakni asuransi, lembaga pembiayaan,  pasar modal bahkan hingga sektor riil seperti hotel dan pariwisata syariah.

 

Program GRES! ini didukung oleh Bank Indonesia (BI)  dan 14 stakeholder ekonomi syariah diantaranya Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES), Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Asosiasi BMT se-Indonesia (Absindo) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). GRES! dilakukan di 24 kota dalam 16 provinsi di Indonesia. GRES! ini juga turut diramaikan oleh organisasi mahasiswa yang bergerak dibidang Ekonomi Syariah yaitu Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dari berbagai Universitas di Jabodetabek diantaranya Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma, iSEF SEBI dan Progres STIE Tazkia. Sharia Economic Forum (SEF) Universitas Gunadarma melalui Dewan Alumni (Nur Azifa), Dewan Penasihat (Khairul Adianto, Siti Jahhara, Nury Indriani, Ricky Dwi Apriono, Ikhsan Isrofudin, Esty Purnama, Suci Lestari), Badan Pengurus Harian (Santoso Permadi, Bagus Fardianto, Puti Rahmadhani Ambun Suri, dan Anggota (Sri Rizky Rahayu, Anik Arifah, Annisa Rahma, Asep Rizal Muldiansyah) mengikuti agenda GRES! ini, sebab kegiatan ini menambah semangat dalam membumikan ekonomi syariah, menyadarkan bahwa tidak berjuang sendirian, karena GRES! berjuang bersama walau medan perjuangan yang dijangkau berbeda-beda namun tetap satu tujuan, untuk ekonomi Indonesia yang jauh lebih baik lagi.

Sharia Economic Forum (SEF) Universitas Gunadarma beserta Komunitas Studi Ekonomi Islam lainnya yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) memberikan kontribusi dengan pembukaan stand FoSSEI sebagai sarana informasi bagi setiap pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, SEF juga ikut menyuarakan aspirasi dengan berkeliling arena GRES! membawa spanduk FoSSEI seraya menyanyikan mars “Ekonom Rabbani” dan dilihat secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Gurbernur DKI Jakarta Joko Widodo, Pakar Ekonomi Syariah Syafi’I Antonio, beserta jajaran menteri kabinet Indonesia Bersatu II.

 Peluncuran GRES! juga dihadiri oleh Ani Yudhoyono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Haddad serta Menteri Agama Suryadharma Ali .

GRES! Dimulai dengan acara FUN walk pada pagi hari, lalu dilanjutkan oleh peresmian GRES! dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tarian Rampag Bedug, serta sambutan acara oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Presiden SBY tengah memberikan sambutan saat dalam kegiatan pencanangan Gerakan Ekonomi SyariahDalam sambutannya, Presiden SBY menyambut baik adanya GRES!. “Saya menyambut baik Gres! untuk meningkatkan akselerasi masyarakat pada Ekonomi Syariah. Mari kita perkuat ekonomi domestik, mari kita bangun sistem dan budaya. Ekonomi nenek moyang kita.” kata Presiden.

Presiden SBY juga mengatakan bahwa, ”Pemerintah akan mengoptimalkan ekonomi syariah di berbagai sektor, antara lain sektor perdagangan, asuransi, perbankan dan sebagainya supaya tercipta ekonomi yang adil dan merata.”

Dan Presiden SBY mengatakan bahwa, “Indonesia berpotensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia.”

Ketua Umum Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES) sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara GRES!, Halim Alamsyah mengatakan , ”GRES! tidak akan berhenti digalakkan meski nantinya masyarakat sudah memahami konsep ekonomi syariah.”

“Tahap berikutnya adalah bagaimana membuat ekonomi syariah tidak sekadar menjadi pilihan tetapi merupakan bagian gaya hidup (life style),” ucap Halim saat Pencanangan GRES! di lapangan Monumen Nasional (Monas).

GRES! dilatarbelakangi keinginan memajukan ekonomi syariah yang dapat membawa kemaslahatan umat. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) ini mengatakan, “sejak dua dekade terakhir, sistem ekonomi syariah berkembang pesat.” Halim menyebut kesediaan SBY hadir menresmikan GRES! adalah momen sangat baik sehingga para pelaku dapat bahu-membahu mengembangkan ekonomi syariah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo selaku penasehat program Gerakan Ekonomi Syariah (GRES!) mengatakan ,”secara global industri keuangan syariah telah menunjukkan kemampuannya bertahan dari krisis karena nilai-nilai industri keuangan syariah telah menghindarkannya dari spekulasi.
Oleh karena itu, tambah dia, sudah sepatutnya pengembangan ekonomi syariah menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi nasional.”

Semoga dengan dicanangkanya Gerakan Ekonomi Syariah ini, Ekonomi syariah di Indoneisa makin pesat berkembang, sinergi antar lapisan pejuang ekonomi syariah makin erat dan semoga Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah di dunia serta semoga Indeonesia dapat jauh lebih baik lagi. (Santoso Permadi/ ANTARA/Dakwatuna)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: