• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Ulama Bentuk Asosiasi Standard Profesional Syariah

keuangan-syariah-ilustrasi-_130118131611-135LONDON — Beberapa ulama Islam ternama dunia meluncurkan asosiasi untuk mengembangkan pelatihan dan standard perilaku profesional keuangan syariah.

Asosiasi Cendekiawan Syariah Keuangan Islam (ASSIF) adalah sebuah badan amal terdaftar Inggris yang akan mengatasi masalah lama dalam industri keuangan syariah.

Permasalahan tersebut antara lain kurang jelasnya kualifikasi pedoman bagi para sarjana atau cendikiawan syariah, terutama terkait apakah suatu produk sudah mengikuti prinsip-prinsip Islam atau belum. Tak jarang para cendikiawan bertentangan satu sama lain sehingga membingungkan investor.

Proses persetujuan terkadang dibumbui tuduhan konflik kepentingan yakni ulama dibayar lembaga yang produknya mereka setujui. ASSIF akan bekerja sama dengan badan yang ada di seluruh dunia.

Wakil Presiden ASSIF, Mufti Abdul Kadir Barkatullah, mengatakan ASSIF akan membantu mengatur penyedia penasihat standar yang akan diverifikasi bimbingan syariah.

“ASSIF bisa mempromosikan keseragaman dan konsistensi antara papan peraturan dan penetapan standard industri syariah,” ucapnya seperti dikutip Reuters, beberapa waktu lalu.

Barkatullah berharap pengembangan kode etik serta standard profesional terus berkelanjutan dan akan diterbitkan pada pertengahan Februari 2014.

Standard tersebut ditetapkan badan-badan industri seperti Organisasi Akuntansi dan Audit untuk Lembaga Keuangan Syariah (AAOIFI) yang berbasis di Bahrain.

Standard ini hanya akan diikuti beberapa negara saja. Standard akan fokus pada seluk-beluk instrumen keuangan syariah dan sistem akuntansi mereka.

“ASSIF akan meningkatkan standard profesional dan membantu mencapai yang terbaik bersamaan dengan standard industri lain seperti pengacara dan akuntan,” kata Barkatullah.

Asosiasi ini dapat melengkapi upaya organisasi yang sudah ada seperti Asosiasi Penasihat Syariah Keuangan Islam (ASAS) berbasis di Malaysia yang didirikan pada 2011.

ASSIF akan memiliki dewan pemerintahan lokal antara 10 hingga 30 sarjana. Tokoh ulama dunia dari Arab, Malaysia dan Inggris akan menjadi pengawasnya.

Sumber : Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: