• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Wilda Awaliyah

DSC01468“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. mereka Itulah penghuni syurga, mereka kekal di dalamny”.

(QS Yunus (10):26)

Assalmu’alaykum warahmatullahi wabarokatuh,

Salam ta’aruf akhy wa ukhty fillah, nama saya Wilda Awaliyah, antum dapat menyapa saya Wilda. Saya terlahir dari keluarga yang sederhana, di sebuah kampung di pelosok kabupaten Bogor. Tepatnya, pada tanggal 24 juli 1994.

Dari pelosok inilah saya mendapat pelajaran hidup yang berarti, bahwa kesuksesan hidup memang harus diperjuangkan, sebagaimana ‘jarak rumah’ saya ke kampus yang amat memakan waktu dan tenaga.

Saya adalah mahasiswi fakultas Ekonomi , jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma angkatan 2012.

Sering terpikir juga, “bagaimana bisa, saya sampai di Universitas Gunadarma ini?”. Dan Allah menjawab, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Apalagi, hanya sekedar mengabulkan mimpi sederhana hambaNya ini.

Kecanduan saya pada ‘nulis’, membawa saya pada  dunia baru dengan mimpi-mimpi besar saya. Yakni, memberi manfaat lewat tulisan-tulisan saya. Saya punya cita-cita yang sederhana dalam hidup ini, yakni menjadi seorang ‘intelektual muslimah’ untuk menyerang pemikiran kufur yang bersarang pada tubuh kaum muslimin saat ini. namun, banyak orang yang menganggap impossible terhadap cita-cita saya ini, sebab saya adalah seorang “akhwat”.yang ruang hidupnya terbatas. Tapi, saya akan membuktikan bahwa jilbab dan kerudung ini , tak akan jadi penghambat mimpi-mimpi saya. Mohon sahabat, meng-aamiin -kan agar Allah memenuhi setiap hajat saya. Aamiin J

Sharia Economic Forum ?

Diterima di Sharia economic forum Universitas Gunadarma (Sef Ug), membuat dahi saya semakin mengkerut. pertanda, tak mengerti dengan pilihan saya ini. Dan semua ini terjadi tanpa terbesit di benak saya sebelumnya. Apalagi, dengan label ‘Sharia’ yang awalnya meragukan saya. Dan itu membuat saya ragu-ragu pula untuk ikut seleksi masuk Sef. Lalu, Allah meyakinkan saya, bahwa visi “surga” yang dibawa Sef bukanlah main-main.

Sayapun, mendapat ilmu baru seputar ekonomi islam, yang saya tidak ada pemahaman sebelumnya. Hingga keragu-raguan saya terjawab. Maklumlah, saat SMA saya sangat gemar dengan mata pelajaran kimia hingga masuk ke kelas jurusan IPA.

Dan yang terpenting ialah, Sef mengajarkan saya makna kebahagiaan,keikhlasan, kelembutan hati dan segala puji bagi Allah, saya mendapati itu dari SEF. Seperti sebuah syair dibawah ini, sef mengajari saya makna ‘jiwa’ yang selama ini saya cari.

Hadapkanlah perhatianmu pada jiwa. Sempurnakan keutamaannya. Sebab dengan jiwamu, bukan dengan badanmu, engkau disebut insan.

Seperti mimpi

Berada dalam Sef UG ini seperti mimpi, sebagaimana saya merasa seperti mimpi, saat saya diterima di UG. Sebab awalnya, saya sempat putus harapan tuk jadi mahasiswa di kampus yang ‘berkualitas’. Karena keterbatasan biaya, dan saya tidak mau merenggut mimpi adik-adik saya, hanya karena keegoisan saya yang ‘ngebet’ ingin kuliah aktif seperti mahasiswa pada umumnya.

Namun, Allah memberiku sebuah kejutan menyenangkan. Yakni, saya bisa kuliah di UG dengan Cuma-Cuma atau 100% gratis. Mungkin ini jugalah sebuah rencana Allah yang indah, hingga saya bisa bertemu dengan Sef.

Dan sekarang , saat saya sudah fix menjadi anggota Sharia Aconomic Forum Universitas Gunadarma, masa amanah 2013-2014. Saya mencoba mengoptimalkan gerak langkah saya di Sef, dan aktivitas saya saat ini, selain menjadi anggota aktif Sef UG. Saya juga menjadi penulis ‘amatir’ di buletin remaja Gaulislam (www.gaulislam.com), pengisi radio tidak tetap di klinik gaulislam 93.4 KISI fm bogor , saya juga bekerja sebagai “seorang kakak” yang belajar menjadi panutan adik-adiknya, juga sedang sibuk mempersiapkan diri untk menjadi seorang ibu ‘berkualitas’, terakhir, saya sedang mencoba belajar jadi muslimah ‘sebenarnya’ dengan mengkaji ilmu-ilmu islam.

Aku Jatuh Cinta

Hidup saya dipenuhi kejutan menyenangkan, semenjak Allah menunjukiku pada satu jalan, yakni ISLAM. Sebagai seorang muslim turunan, saya tidak pernah merasa jatuh cinta lebih terhadap islam. Namun, hal ini berbeda, saat saya mendapati islam yang sesungguhnya. Mulut saya sulit diam, saat saya mendapati realitas, tak sesuai dengan islam. Akal saya enggan berheti untuk selalu memikirkan kaum muslimin dan solusi permasalahan umat ini. Karena ternyata, saat islam sampai pada hati manusia, maka manusia tidak akan mampu membungkam kebenaran islam.

Islam itu indah, islam itu sempurna, dan islam itu solusinya.

Begitulah saya dapati islam, mengajarkan saya untuk hidup selalu dengan ilmu islam, yakni ilmu yang mengajarkan manusia mengenal tuhannya. Dan bagaimana cara mengabdi padaNya.

Maka, berada di Sef UG, sama dengan kita sedang menambah pengetahuan kita terhadap Robb kita, Allah SWT. Mengenal hakikatNya, mendekat kepadaNya,dan meresapi anugrah dariNya, sebagai sarana penghayatan kita dalam rangka memperkuat ‘kedirian’ sebagai hamba yang tunduk padaNya.

Dari Anas Bin Malik, dari Nabi SAW. Bahwa sesungguhnya Allah berfirman,

Apabila seorang hamba mendekat keapadaKu satu jengkal, maka Aku akan mendekat kepadaNya sehasta. Dan jika ia mendekat kepadaKu sehasta, maka Aku akan mendekat kepadaNya sedepa. Jika ia datang kepadaKu dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari .”  (HR. Imam Bukhari)

v  Kesan untuk Sef UG

“Bahagia itu sederhana, sesederhana keluarga Sef, dengan senyuman keikhlasannya”

v  Pesan untuk Sef UG

“Tidak ada yang sempurna, kecuali Allah. Maka dengan aturanNya lah kita berpijak, berlaku, dan berpikir”

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu”

(Al Baqarah (2):208)

 

Wallahu ‘alam bi as shawwab , wassalam.

Salam Ukhuwah. Kenal lebih dekat di twitter @wildafillaah atau kirim email ke wilda.sef@gmail.com

Tinggalkan Balasan

