• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Selly Sepriyani

foto1Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Perkenalkan nama saya Selly Sepriyani. Saya biasa dipanggil akrab dengan panggilan Selly..

Mahasiswa Universitas Gunadarma, Fakultas Ekonomi, Kalimalang

Berawal dari brosur berwarna kuning dan mengirimkan sms ke nomor yang tertera dalam brosur tersebut alhamdulilah saya mendapatkan info mengenai salah satu organisasi di kampus Universitas Gunadarma yaitu Sharia Ecomonic Forum (SEF). Berawal dari tidak ketahuan tentang apa itu Sharia Ecomonic Forum (SEF) bahkan sangat terasa asing di telinga saya, saya mencoba untuk mencari tahu Sharia Ecomonic Forum yang berada di kampus Universitas Gunadarma.

Marwah Qurrota A’yun Wibiksana (Marwah) dan Nugeraha Azhima (Zima). Kami satu angkatan, namun kami berbeda kelas. Marwah dan Zima sudah terlebih dahulu menjadi anggota SEF dan mulai dari perkenalan saya dengan Marwah dan Zima saya mendapatkan info-info bagaimana caranya supaya lebih mengenal organisasi SEF.

Memulai ditingkat 2 saya memantapkan diri untuk dapat bergabung di organisasi SEF, awalnya ragu untuk bergabung karena SEF berpusat di Depok. Sedangkan saya berada di kampus Universitas Gunadarma Kalimalang. saya khawatir akan lebih sering berorganisasi di Depok dan banyak meninggalkan kuliah saya. Saya membunuh ke khawatiran saya dengan cara saya mencoba mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SEF yang hanya ada di depok, kegiatan pertama yang saya ikuti di SEF yaitu aksyar yang diselenggarakan dan bertempat di Depok, aksyar di adakan mulai dari pertemuan ke 1 hingga pertemuan ke 8. Seseringkali saya mengikuti aksyar yang berada di Depok dan mulai dari situlah saya membiasakan diri untuk pulang pergi Kalimalang-Depok, Depok-Kalimalang walaupun sendirian saya tetap mencoba jalankan.

 

Memanfaatkan Kesempatan

Ketika dibukanya open recruitment untuk organisasi SEF, saya segera mendaftarkan diri untuk dapat menjadi bagian dari keluarga SEF.

 

Hambatan, Rintangan, dan Berkah

Open recruitment untuk pendaftaran menjadi Calon Anggota Sharia Ecomonic Forum telah dibuka, saya sesegera mengikuti persyaratannya. Subhanaallah persyaratannya sangat banyak untuk dapat menjadi Anggota Resmi Sharia Ecomonic Forum, ketika pada saat mendaftar saya berfikir hanya 2 atau 3 langkah-langkah persyaratannya dan berharap untuk yang mahasiswa Kalimalang yang mendaftar dapat menjalankan persyaratannya di Kalimalang. ternyata yang saya fikirkan itu salah, langkah-langkah persyaratannya tidak sesuai dengan yang saya perkirakan dan semua di lakukan di Depok. Sempat berputus asa karena merasakan lelah di perjalanan yang harus pulang pergi Kalimalang-Depok, Depok-Kalimalang, apalagi saya pergi sendiri dan tidak ada rekan dari Kalimalang yang saya ketahui untuk mendaftar SEF seperti saya, belum lagi jika dalam perjalanan ban motor mengalami kebocoran atau kendala lain seperti hujan.

Tetap memaksakan diri untuk terus melanjutkan proses langkah-langkah persyaratan supaya dapat menjadi anggota SEF, tidak mengurungkan niat saya untuk mundur. Seiringnya step by step saya jalankan, ada beberapa langkah-langkah yang membuat saya mendapatkan ilmu banyak, mendapatkan teman-teman baru dan memahami karakter orang masing-masing yaitu pada saat langkah-langkah bekerja memasarkan Kuliah Informal Ekonomi Syariah (KIES). Bekerja memasarkan KIES membuat saya lebih mengenal berbagai karakter mahasiswa lainnya ada dari sebagain mereka yang mendengarkan ketika saya sedang memasarkan KIES tetapi ada juga sebagian mereka yang tidak mendengarkannya, di situlah uji mental saya yang mengharuskan saya lebih bisa  bersabar menghadapi berbagai macam karakter seseorang yang berbeda-beda. Suka duka tetap di rasakan. Selain dari langkah-langkah memasarkan KIES, saya juga menjadi peserta Kuliah Informal Ekonomi syariah (KIES) dan Diklat Ekonomi Islam (DEI), Kuliah Informal Ekonomi Syariah yang diadakan selama seminggu di Depok dan Diklat Ekonomi Islam yang diadakan selama 4 hari di Puncak, Bogor. Dari KIES dan DEI saya mendapatkan ilmu banyak sekali tentang apa itu perbedaan syariah dengan konvensional, apa itu yang di maksud dengan riba, bagaimana dosa-dosa orang yang memakan riba, bagaimana jual-beli yang dianjurkan sesuai syariat islam, cara bagaimana menjadi seorang pemimpin, cara berorganisasi, dan banyak sekali ilmu yang di dapat. Bahkan tidak hanya ilmu yang di dapat tetapi mendapatkan teman baru pun saya rasakan, mendapatkan kebersamaan dan rasa kekeluargakan pun saya rasakan.

Tidak Salah Pilih

Sekian dari banyaknya langkah demi langkah untuk menjadi anggota SEF saya jalankan akhirnya saya dengan bangga kepada diri saya pribadi saya menjadi anggota resmi SEF,  ketika awal saya masuk di Universitas Gunadarma dan dapat terwujud di tingkah 2 untuk dapat mendaftarkan diri menjadi calon anggota SEF dan pada akhirnya saya menjadi Anggota Resmi Sharia Ecomonic Forum. Alhamduliilah

Seperti pesan yang selalu di sampaikan oleh Dewan Penasehat Sharia Economic Forum yaitu Muhamad Rizky Rizaldy yang lebih sering disapa ka Aldi “Ibarat seseorang yang mencari mutiara diantara tumpukan pasir, dan untuk mendapatkan mutiara tersebut haruslah terlebih dahulu di ayak, barulah mutiara tersebut terlihat sangat cermelang”. Saya menancapkan konsep yang seperti ka aldi bilang, karna dari sekian banyak mahasiswa yang mendaftar untuk dapat menjadi anggota resmi SEF haruslah di ayak dengan cara mengikuti langkah demi langkah dan finally.. yang mampu bertahan dalam menjalankan langkah tersebut dia-lah sang mutiara yang cermelang.

Baru sedikit perjalan setelah sudah menjadi Anggota Resmi SEF namum pengalaman demi pengalaman sudah banyak saya rasakan mulai dari bertemu dengan orang-orang hebat seperti Bapak Dodi Prasetyo, SE dari Indonesia Stock Exchange (IDX), Bapak Irham Fahreza Anas, SEI, ME dari DKI Syariah, Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec., M. Syakir Sula dan Ir. Andi Buchari., MM, (Direktur Bank Muamalat), beraktifitas diluar kampus bersama keluarga SEF, mengikuti seminar-seminar di luar kampus, bersilahtuhrami kesesama keluarga SEF, cara untuk berorganisasi dimana saya diamanahkan untuk menjadi koordinator sie. konsumsi dalam salah satu kepanitiaan event SEF.

Berorganisasi dan menjadi keluarga baru di SEF memberikan pengertian banyak tentang bagaimana menjadi seseorang yang berkepribadian sholeha, cerdas, dan gaul.

Dengan moto SEF Ikhlas dan Propesional menjadi tambahan bagi saya dalam menjalankan setiap amanah yang di perintahkan dan senang untuk menjalaninya. Terlebih visi SEF yang simple namun tanpa mengurangi unsur-unsur yang indah didalamnya yaitu “SURGA”. Banyak ilmu yang di peroleh dengan bergabung di SEF terutama yang paling saya senangi yaitu belajar tentang islam.

menjadi penerus SEF menjadi pacuan untuk lebih baik dalam mengembangkan syariat-syariat islam terutama dalam beragama dan bertransaksi menurut Islam.

Harapan

Saya berharap kalangan mahasiswa baik dalam kampus maupun di luar kampus dapat lebih banyak mengetahui Ekonomi Syariah dan menumbuhkan rasa kesadaran agar mencapai ekonomi yang bermutualitistik dan indah.

Tinggalkan Balasan

