• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Rivaldi Samah

20121209_123604Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuhu,

segala puji atas kehadiran Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan kita nikmat yang begitu besarnya sehingga saya, dan kita semua bisa merasakan kenikmatan Illahi yang begitu besarnya sampai-sampai diri kita ini tak bisa menghitung dan mengira-ngira nikmat Allah apa saja yang diberikan kepada kita. Shalawat serta salam tak lupa kita junjungkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassalam, dialah teladan kita, teladan mulia bagi seluruh manusia di muka bumi ini sampai hari kiamat nanti.

Apa kabar teman-teman pembaca sekalian? Semoga Allah selalu memberikan kita rakhmat, taufiq hidayahnya, dan kekuatan iman. Perkenalkan, nama saya Rivaldi Samah, tetapi saya lebih akrab di panggil dengan panggilan Aldi atau samah. Saya adalah anak terakhir dari tiga bersaudara. Saya lahir  di Bekasi, 16 november 1994. Hobi saya adalah olahraga dan  travelling. Banyak sekalimimpi dihidup saya, salah satu cita-cita saya kedepan ingin trevelling ke seluruh bagian di Indonesia dan mengunjungi tempat-tempat impian saya di Luar Negeri. Kegiatan saya saat ini selain kuliah adalah mencoba usaha kecil-kecilan yaitu jualan panganan kecil berupa gorengan atau menjual apapun yang menghasilkan uang, Tidak hanya itu, saya pun In sya Allah menjadi mentor di SMA saya di bekasi, serta In Syaa Allah mengikuti pelajaran tahsin Qur’an di luar kampus.

Kilas balik, sewaktu duduk di bangku SMA, tepatnya kelas 12 semester awal, saya mulai tertarik dengan ilmu pengetahuan ekonomi syari’ah, walau sewaktu SMA saya adalah kelas IPA. Setelah lulus SMA saya mengikuti ujian tes masuk PTN dan mengambil jurusan ekonomi syari’ah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Namun hasilnya saya tidak lulus di tes itu.Lewat sudah kenyataan pahit tersebut,  Alhamdulillah saya mendapatkan surat dari Universitas Gunadarma yang berisikan saya diterima dijurusan akuntansi melalui nilai raport dan mendapatkan potongan beasiswa setengah dari harga beasiswa asli dari pihak kampus sampai semester 6.

Setelah sudah terbiasa dengan aktivitas kampus, saatnya saya mencari tahuseluk beluk apa saja yang ada di Universitas Gunadarma ini dan saya menemukan suatu forum Ekonomi Syari’ah di jejaringan sosial Facebook bernama SEF (Sharia Economic Forum).

Setelah meregistrasi ulang dan mengikuti PPSPPT serta Ospek saya pun telah menjadi mahasiswa di Universitas yang saya tepati ini. Lalu saya melihat forum organisasi yang saya inginkan mengadakan seminar An Introductionto Sharia Economic, tak memerlukan waktu untuk berfikir panjang, saya pun langsung mengikuti seminar tersebut. Dan setiba di acara itu, wah betapa terkejutnya saya, berbeda sekali dengan acara-acara yang pernah saya ikuti sebelumnya. Kakak-kakaknya menyambut para pesertanya dengan salam, senyuman dan sambutan yang hangat. Kakak-kakak panitianya sangat ramah saat berbicara. Itu semakin menambah  keinginan saya untuk mengenal SEF ini. Lalu di acara tersebut pun juga ada perkenalan dari kakak-kakak dari SEF itu sendiri. Dan bagi saya, mereka luar biasa, dengan IP yang tinggi, namun memiliki banyak kegiatan diluar perkuliahan dan kampus, Wah saya sangat ,erasa salut akan mereka. Dan setelah acara tersebut diberitahukan pula bahwa mereka mengadakan kegiatan yaitu AKSYAR (Aktualisasi Syariah) secara gratis, tetapi sayang karena bentrok dengan jadwal kuliah saya hanya bisa mengikutinya 3 kali saja.Dari acara seminar  tersebut, saya berkenalan dengan kakak-kakak SEF  sebanyak 3 Orang yaitu: Kak Khairul, Kak Santoso, dan Kak Ricky. Setiap bertemu dengan mereka saya sangat senang dan selalu bertegur sapa.

 Setelah seminar  “An Introduction to Sharia Economic” , SEF mengadakan acara  GSENT. Acara itu diadakan selama lima hari berturut-turut. Dan saya pun tak mau  menyia-nyiakan kesempatan ini. Saya mengikuti seluruh rangkaian kegiatannya. Dari acara GSENT itu sendiri saya berkenalan lagi dengan kakak-kakak SEF yang lainnya yaitu berjumlah  3 orang diantaranya  yaitu Kak Yusuf,  Kak Heru, dan Kak Kahfi. Wah mereka orangnya lucu-lucu dan cara berbicara mereka sangat intelek, menurut saya.

Singkat cerita, SEF mengadakan perekrutan anggota, saya sangat senang sekali. Karena inilah yang saya tunggu-tunggu untuk menjadi anggota di forum ini. Saya megisi formulir dan berharap bisa di terima di SEF ini. Lalu SMS datang untuk mengadakan seleksi, wah pada saat itu hati saya sangatlah degdegan karena dari 150 pendaftar hanya akan dipilih 50 orang saja. Lalu dalam hati berbicara “Apa bisa ya?”. Dan proses test seleksi itu ada 4 tahap. Yaitu tahap seleksi: Tertulis, Wawancara, Praktek kerja (Magang), lalu Diklat. Dan dengan niat kuat dan rasa percaya diri yang tinggi, Pada saat test seleksi itu saya hanya berpikir “lakukanlah yang terbaik yang kamu bisa, In sya Allah, Allah akan memberikan yang terbaik pula bagimu”, dan hati ini kembali tentram. Hasil test seleksi pun di umumkan di SMS dan Alhamdulillah saya masuk ke 50 besar. Lalu saya mendapat sms kembali para calon anggotanya untuk test selanjutnya yaitu test wawancara. Ya testnya menurut saya tidak terlalu berat dibanding dengan test tertulis tetapi masih bisa membuat hati ini was-was khawatir tak lulus. Namun kabar baik itu pun datang Alhamdulillahnya saya lulus dan masuk ke 30 besar.

Setelah masuk 30 besar kami diberikan arahan dari kakak-kakak SEF perihal seleksi praktek dan pelantikan. Kami di tugas kan untuk ikut serta dalam menyukseskan acara KIES (Kuliah Informal Ekonomi Syariah). Seleksi praktek ini sangatlah berat bagi kami, sempat saya berpikir untuk mengundurkan diri karena sangat beratnya tugas ini karena pun harus menyiapkan tugas kuliah, tugas pelantikan dan masih akan di saring lagi sampai 15 besar. Setelah seminggu banyak sekali teman-teman yang mengundurkan diri, karena alasan tertentu dan tertinggalah hanya 21 orang saja yang bertahan. Lalu ada teman saya yang bilang “kalau sudah sampai sini, jangan berhenti, sudah tanggung, maksimalkan saja”. Lalu saya berusaha maksimal mungkin dan berharap yang terbaik dari Allah saja. pada saat KIES di mulai ada intruksi dari kakak SEFnya bahwa ujian di KIES nanti akan menjadi bahan pertimbangan untuk test seleksi ini dan mewanti-wanti kami untuk serius dan aktif dalam mengikuti KIES ini. Lalu pada saat hari terakhir KIES, ada masukan dari kak Aldy dan para Dewan Penasehat SEF lainnya, menceritakan tentang SEF itu sendiri. Lalu semakin bertambah semangat saya mendengarkan cerita-cerita dari mereka. Saya baru tahu bahwa di SEF ini memang hanya mahasiswa biasa yang menginginkan untuk menjadi manusia yang besar pencapaiannya. Dan banyak sekali impian, cita-cita dan harapan besar yang ada di SEF ini.

Lalu malam pengumuman telah datang, saya tidak  melihat hasil pengumuman itu. Karena takut untuk melihatnya. Lalu teman saya bilang bahwa kita semua 21 orang itu lulus semua. Dan ternyata benar, Alhamdulillah kami semua lulus, dan perjuangan kami menjadi anggota tidak sia-sia. Tapi tugas kami masih belum selesai. Kami harus menyiapkan diri kami di acara DEI, yaitu acara Diklat Ekonomi Syariah dan pelantikan kami untuk menjadi anggota resmi SEF. Dalam menyiapkan DEI itu, saya mendapatkan pelajaran untuk tidak menunda-nunda pekerjaan karena banyak sekali materi, dan barang-barang untuk DEI yang belum saya penuhi. Saya kecewa sekali dengan kebiasaan saya ini. Dari acara DEI ini saya mendapatkan banyak ilmu. Ilmu Organisasi, Kepemimpinan, Ilmu Sejarah Islam, Ilmu Public Speaking, Berpidato dalam Bahasa inggris, dan masih banyak lagi.

Acara hiburan di DEI juga sangat berkesan sekali, dari konsumsi, games, senam poco-poco ala Kak Rezkhy, sampai berenang  ria. Di SEF ini Alhamdulillah saya mendapatkan banyak pelajaran untuk diri saya pribadi agar merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. Dan dari SEF ini, banyak sekali cita-cita besar yang ingin saya raih di sini. Saya ingin keluar negeri  mewakili Indonesia di konferensi Dubai atau Malaysia seperti Kak Aris, Kak Azifa, Kak Aldy, dan  Kak Ricky. Ingin membangun jiwa enterprenuer seperti, Kak Dea, dan Kak Santoso.  Saya pun juga bertekad menginginkan dan menjadikan SEF jauh lebih besar dan dapat menjadi organisasi yang turut mensejahterakan lingkungan dan penduduk disekitar kampus. Sebenarnya masih banyak lagi cita-cita besar yang ingin saya capai dari SEF ini yang tidak saya ceritakan. Dan semoga dengan saya dan teman-teman yang berkecimbung di SEF ini, bisa menjadi Insan yang “Rabbani dan Istiqamah menjalankan Syari’at Illahi dan Sunnah Rasulullah serta para Khulafa’urasyiddin”. Aamiin. Sekian dari saya. Semoga bisa memotivasi anda semua.

Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wabbarokatuhu.

Tinggalkan Balasan

