• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Risna Junianda

Baru 5Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Salam kenal teman-teman, kakak-kakak dan saudara-saudariku sekalian !

Nama lengkap saya Risna Junianda, bisa dipanggil Risna atau Na. Saya adalah anak sulung dari 2 bersaudara. Selain itu, saya juga seorang mahasiswi fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Gunadarma angkatan 2012/2013. Saya lahir di ibukota negara tercinta yaitu Jakarta pada tanggal 8 Juni 1994. Sekarang saya tinggal di daerah kabupaten Bogor, Bojong Gede tepatnya.

Setelah lulus dari SMK, melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi adalah tujuan utama saya dan jurusan manajemen merupakan jurusan yang sudah saya idam-idamkan sejak SMK. Padahal waktu SMK, saya masuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Tidak nyambung ya ?? Banyak yang bertanya kenapa tidak melanjutkan jurusan tersebut dan kenapa memilih manajemen. Jawabannya hanya satu yaitu karena manajemen adalah pilihan hati saya.

Saya pun mencari-cari informasi tentang jurusan tersebut di berbagai universitas negeri dan swasta, sekolah tinggi sampai institut. Tidak terlewatkan saya mencoba peruntungan lewat jalur SNMPTN. Hingga pada akhirnya Allah memberikan petunjuk dengan pilihan jatuh di Universitas Gunadarma.

Ketika telah menjadi seorang mahasiswi, tujuan utama saya hanya terfokus pada kegiatan kuliah dengan selalu masuk kelas,  mendapat IPK tinggi, lulus tepat waktu dan mendapat gelar sarjana, setelah itu bekerja membantu orang tua. Pada saat itu, saya sama sekali tidak berniat untuk ikut serta dalam UKM apapun dikampus. Itulah siklus yang akan saya jalankan. Dengan seiring waktu, saya berubah pikiran dan mulai tertarik untuk mengikuti kegiatan diluar perkuliahan tetapi SEF bukanlah yang utama. Ketika saya ingin mendaftar menjadi salah satu anggota dari UKM tersebut, saya terlambat karena pendaftarannya sudah ditutup dan harus menunggu tahun depan. Saya pikir, that’s okay.

Walaupun pada saat itu saya belum aktif dalam UKM apapun di kampus tetapi saya punya kegiatan diluar kampus, yaitu mengajar. Saya mengajar selama 7 bulan mulai pada bulan Desember 2012 dan berakhir pada bulan Juni 2013. Saya mengajar siswa Sekolah Dasar. Awalnya malu dan takut tapi semua itu saya lalui dengan baik dan lancar, alhamdulillah J.

Tetapi Allah berkehendak berbeda dengan apa yang saya pikirkan. Selama menunggu waktu yang saya tunggu 1 tahun ke depan untuk melamar menjadi anggota UKM tersebut, Allah menunjukkan saya sebuah petunjuk-petunjuk kecil. Petunjuk yang membawa saya hingga sampai pada hari ini dengan berjuang dan berdakwah dijalan-Nya serta petunjuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik di dunia dan akhirat.

Awal saya mengenal SEF ketika saya menghadiri acara seminar di Kalimalang. Kesan pertama saya tentang SEF adalah hanya sebuah organisasi pada umumnya hanya saja terdapat beberapa perbedaan yang saya rasakan, diantaranya SEF itu ramah, baik, sopan, rapih, kreatif, terorganisir dan setiap saya bertanya atau berbicara dengan salah satu anggotanya, mereka menjawabnya dengan lembut.

Change My Mindset

Dengan berjalannya waktu dan seringnya saya mengikuti seminar-seminar SEF, semakin menambah nilai-nilai positif yang saya berikan untuk SEF terutama keramahan mereka. Saya pikir keramahan tersebut hanya ada di seminar tapi itu semua salah besar. Saya tetap merasakan keramah-tamahan mereka diluar seminar.

Sampai pada saat SEF mengadakan seminar yang berjudul Youth Leadership pada tanggal 27 April 2013, SEF pun berhasil mengubah mindset saya sejak awal dan membuka pintu impian saya menjadi lebih luas. Saya sangat kagum dengan apa yang telah ka’ Aldy dan ka’ Aris capai pada saat itu. Mereka merupakan perwakilan dari Indonesia di International Youth Leadership Network di Dubai. Itu adalah pencapaian yang luar biasa.

Dalam seminar tersebut ka’ Aldy banyak membicarakan tentang SEF. Apa visi dan misi mereka, apa yang menjadi tujuan mereka, kegiatan apa saja yang mereka lakukan dan masih banyak lagi. Selain itu, Ka’ Aldy juga membahas tentang untuk selalu menshare mimpi-mimpimu, circle of dreams, dreams book, set the programs dan kepemimpinan. Di salah satu slide yang ditampilkan ka’ Aldy, beliau mengutip ucapan Anis Baswedan : “IPK yang tinggi cuma akan membawa anda pada panggilan wawancara, tapi kepemimpinan akan mengantar anda pada masa depan”. Ka’ Aldy benar-benar membuka mata saya lebih lebar terhadap SEF dan membuat saya tersadar akan mimpi-mimpi saya karena untuk menggapai mimpi adalah dengan berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai mimpi. Selain itu, ka’ Aldy juga membuat saya berpikir lebih jauh untuk melakukan sesuatu yang lebih dari apa yang ada sekarang karena suatu saat hasilnya akan lebih dari apa yang kita bayangkan.  Karena jika kamu bersungguh-sungguh pasti kamu akan berhasil.

Pada saat itu, didalam hati dan pikiran saya, saya berkata “saya harus masuk SEF”. Kebetulan pada saat itu, SEF sedang melakukan Open Recruitment anggota baru dan saya tak segan untuk mendaftarkan diri saya menjadi salah satu diantaranya.  Hingga pada akhirnya saya terpilih menjadi anggota SEF 2013/2014.

Dari awal saya mengenal SEF hingga sekarang saya telah menjadi anggota SEF, banyak hal yang saya pelajari. Tidak hanya ilmu ekonomi syariah saja yang saya dapat tetapi juga nilai-nilai kebersamaan, kesederhanaan, persaudaraan dan masih banyak lagi. Walaupun saya baru menjadi anggota SEF tetapi saya merasa adanya perubahan sedikit demi sedikit dalam diri saya, tentunya perubahan yang berdampak baik dan positif bagi saya.

Not Only One Or Two

Dari semua itu, hal yang paling membuat saya semakin erat dengan SEF adalah karena kini saya mempunyai kakak. Bukan hanya satu atau dua kakak tetapi Allah memberikan saya banyak kakak. Jujur saja karena saya anak sulung, pada keadaan tertentu saya membutuhkan seseorang yang lebih tua dari saya yang dapat saya ajak bicara lebih santai dan bertukar pikiran tentang berbagai hal tetapi juga bisa memberikan saya nasihat ataupun pemecahan masalah terhadap sesuatu yang sedang saya hadapi. Tak ketinggalan, yang dapat pula membimbing saya untuk lebih baik selain kedua orang tua saya. Disamping itu, kini saya tidak hanya memperhatikan adik saya tetapi saya juga diperhatikan oleh kakak-kakak saya. Oh senangnya . . .

Kesan Saya Terhadap SEF

Kini kesan saya terhadap SEF tidak hanya apa yang saya katakan diatas. Bukan hanya sebuah organisasi atau forum tetapi sekarang SEF adalah rumah sekaligus keluarga baru saya.

Pesan Saya Untuk SEF

Mari teman-teman, kakak-kakakku dan saudara-saudariku, kita sama-sama memperbaiki diri kita dalam disiplin waktu. Saya sadar hal ini masih jauh pula dari diri saya.

 

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

