• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Ratna Pertiwi

Foto Profil“Seimbang antara dunia dan akhirat,  itulah kalimat pertama yang ada dibenakku saat pertama kali mengikuti salah satu kegiatan dari SEF (Sharia Economic Forum)”, Saya memiliki nama lengkap  dan salah satu mahasiswi yang belum lama ini dilantik menjadi anggota SEF yang baru. Saya mengakui bahwa alasan utama mendaftarkan diri saya di SEF adalah bahwa ia dapat menyeimbangkan antara kegiatan dunia dan akhirat. Berbekal pengalaman saat menjadi pengurus MPK-OSIS SMA Negeri 1 Depok selama dua periode kepengurusan, Saya memang sangat ingin mengikuti organisasi yang lingkungannya mirip saat di SMA dahulu. Hal tersebut kemudian ia temukan dalam SEF, meskipun awalnya ia menargetkan dirinya harus menjadi anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

SEF merupakan badan semi otonom dibawah naungan BEM Fakultas Ekonomi yang memperkenalkan Ekonomi Syariah atau Ekonomi menurut syariat Islam kepada masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Gunadarma. Kegiatan SEF yang pertama kali saya ikuti adalah Aktualisasi Syariah (AkSyar). Saat itu merupakan AkSyar pertama sekaligus perkenalan SEF kepada mahasiswa baru angkatan 2012.

Kata pertama saat acara tersebut dimulai yaitu “Subhanallah, bagus bangeeeet”. Saya mengungkapkan bahwa para pembicara terlihat sangat mempersiapkan semuanya untuk hari itu. Para panitia juga terlihat sangat kompak dan ramah. Backdrop yang digunakan pun terpasang dengan sangat rapih dan isinya simple namun tetap terlihat elegan. Meskipun diawal ia sempat merasa kesal karena acaranya terlambat dimulai, tapi hal tersebut langsung sirna ketika melihat profesionalitas dari masing-masing panitia.

Setelah AkSyar selesai, dilanjutkan dengan perkenalan SEF oleh kak Muhamad Rizky Rizaldy.

“Ketika Kak Aldy memperkenalkan SEF lebih dalam lagi, kesimpulan yang saya dapatkan adalah inilah jawaban yang diberikan oleh Allah SWT, mengapa saya tidak menjadi mahasiswi UI, PTN yang sangat saya idam-idamkan”,.

“Sejak saat itu saya menargetkan diriku untuk menjadi anggota SEF, bukan BEM. Kalaupun tahun ini aku belum diizinkan untuk menjadi anggota, maka tahun depan aku akan tetap berusaha untuk menjadi anggota SEF”, tekadku

Sejak saat itu ia sering mengikuti kegiatan-kegiatan lain yang diseleggarakan oleh SEF. Ketika SEF mengadakan Open Recruitment, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftarkan diri.

“Tidak mudah memang untuk menjadi anggota SEF, tapi kita hanya perlu melakukan yang terbaik karena yang berhak menentukan hanya Allah SWT, dan memang inilah jawaban dari Allah. Alhamdulillah aku menjadi salah satu dari 20 anggota baru SEF”.

Mulai sekarang, saya menyatakan bahwa diri saya harus lebih dan lebih sering belajar, terutama dibidang Ekonomi Syariah sekaligus terus menerus memperbaiki diri agar sesuai dengan syariat Islam.

Tinggalkan Balasan

