• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Intan Novia Rahmah

New ImageBismillah..   

Nama saya Intan Novia Rahmah, saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Saya lahir di Jakarta dan tinggal di Depok hingga sekarang. Masa SMA adalah masa dimana saya mulai menumbuhkan minat saya untuk berdagang dan saya merasa senang akan minat tersebut, saya memulainya sewaktu saya duduk di bangku kelas dua SMA disebuah sekolah swasta di Depok. Saya sangat bersyukur karena saya melakukannya dengan mendapat dukungan dari orang tua dan guru-guru di sekolah. Awalnya saya hanya mencoba untuk belajar namun ketika saya sudah memulainya saya amat sangat menyukainya dan berniat akan terus menekuni bidang tersebut hingga saya sudah berada di tingkat sekolah yang lebih tinggi dan mungkin bisa lebih dari itu, InsyaAllah.

Ketika masa sekolah harus berakhir saya berkeinginan untuk tetap menjalani kegiatan tersebut karena pemula maka saya perlu banyak belajar termasuk bagaimana caranya memanage keuangan untuk kepentingan penjualan saya dan saya juga harus mencatat semua hasil penjualan mulai dari pencatatan pengeluaran yang saya keluarkan dan pemasukan yang telah saya terima.

Saya memutuskan untuk melanjutkan study saya di perguruan tinggi swasta yang ada di depok. Saat itu ada dua pilihan untuk memilih jurusan antara akuntansi dan manajemen namum memilih jurusan manajemen ekonomi di Universitas Gunadarma. Alhamdulillah pilihan saya ini tepat dan ilmu yang saya pelajari sangat berhubungan dengan minat saya.

Berawal dari PPSPPT di kampus H Gunadarma saya mengenal SEF UG, pada saat itu pengenalan UKM yang ada di Universitas Gunadarma. Walaupun cukup banyak UKM yg ada di UG, SEF adalah salah satu UKM yang membuat saya tertarik selain UKM Fajrul Islam karena keduanya sama-sama Ingin menolong Allah SWT yaitu Agama Islam sehingga saya berharap bisa menjalaninya. saya sebagai mahasiswi jurusan manajemen dan SEF adalah UKM yg mempelajari tentang konsep ekonomi islam yg ada di kampus Gunadarma.

Acara SEF yg pertama saya ikuti itu saat Seminar Kalimalang, Tanggal 10 november 2012. Walaupun kampus Gunadarma yg di Kalimalang cukup jauh tetapi tidak mematahkan semangat saya untuk datang ke acara tersebut. Saat menghadiri seminar Kalimalang saya bertemu dengan pakar yang berpengalaman di bidang ekonomi syariah dan sudah bertaraf internasiaonal, pengetahuan saya tentang ekonomi syariah semakin luas dan saya bertekad untuk terus menambah pengetahuan tentang ekonomi syariah melalui kegiatan-kegiatan yang SEF adakan. Tidak hanya seminar yg di Kalimalang saja yg  saya ikuti tetapi acara SEF lainnya juga pernah saya ikuti Karena Manfaat yang di dapatkan  sangat banyak  mengenai ekonomi islam yang tidak di dapatkan saat perkuliahan.

Ketika berada di kampus saya melihat spanduk OPREC SEF, keinginan saya semakin kuat untuk bergabung di SEF namun belum mendaftarkan diri. Pada batas akhir pendaftaran saya memutuskan untuk mendaftar melalui sms dan mengisi Formulir pendaftaran. Serangkaian test yang di adakan oleh SEF itu sangat panjang, tahap pertama yang saya ikuti adalah tahap ujian, saat itu setiap yang mendaftar harus mengerjakan soal-soal ujian yang isinya  mengenai Ekonomi Islam, saya sempat tidak percaya diri karena saat itu pengetahuan saya tentang ekonomi islam masih minim. Tahap kedua itu adalah tahap interview pertama, ketika saya menunggu nama saya dipanggil saat itu saya sangat tegang dan gugup, tetapi ketika nama saya dipanggil dan saya  mulai di interview oleh kakak-kakak SEF dengan berbagai pertanyaan tentang tidak diri saya dan seputar SEF tidak membuat saya tegang dan gugup dengan perlahan rasa itu mulai hilang. tahap ketiga adalah tahap magang, saat saya mengikuti tahap ini saya belajar untuk bagaimana cara public speaking dengan baik dan menumbuhkan rasa percaya diri karena saya berbicara di hadapan mahasiswa Gunadarma ketika saya mengunjungi setiap kelas untuk mempromosikan acara rutin yang diadakan oleh SEF,  tahap keempat adalah interview kedua, tahap kelima adalah ketika saya mengikuti kuliah informal, disini saya mendapatkan banyak pemahaman dan pengetahuan yang sangat berguna tentang ekonomi islam yang diberikan oleh pakar yang berkopenten tentang ekonomi islam dan yang terakhir adalah DEI (diklat ekonomi islam) yang diadakan di puncak Bogor adalah akhir dari serangkaian test yang diikuti oleh setiap calon anggota baru, saat DEI setiap anggota diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam memahami ekonomi islam. Saya sendiri sangat bersyukur Karena atas rencana dan izin Allah Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk bergabung menjadi bagian keluarga Sharia Economic Forum UG dan kegiatan saya selain di SEF juga sebagai pengurus Fajrul Islam tahun 2013-2014.

Tinggalkan Balasan

