• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Foni Hamdila

FoniPerkenalkan nama saya Foni Hamdila saya mahasiswi Universitas Gunadarma jurusan manajemen angkatan 2012.

Semua rasa Syukur dan bahagia ini berawal ketika saya menemukan keluarga baru yang menuntut saya untuk beradaptasi dan berkembang menjadi pribadi yang memiliki jiwa positif yaitu ketika waktu mengikuti PPSPPT atau lebih dikenal dengan OSPEK oleh masyarakat umum, saya untuk pertama kalinya mengenal Sharia Economic Forum (SEF). Saat itu saya hanya mengenal SEF dari selembar brosur yang dibagikan dan kakak senior yang berdiri didepan memberikan penjelasan mengenai SEF.

Ketika itu terbesit dihati untuk ingin mengetahuinya lebih lanjut mengenai organisasi resmi yang berada dibawah naungan BEM Fakultas Ekonomi UG. Karena itu saya mulai mencoba mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SEF, dan Waktu mengikuti Aktualisasi Ekonomi Syariah (Aksyar) awalnya saya tidak begitu paham apa itu ekonomi syariah, jadi karena kurang begitu mengerti saya mulai jarang menghadiri Aksyar. Dan karena tidak ada lagi kegiatan yang saya ikuti, pekerjaan saya hanyalah menjadi kupu – kupu (kuliah pulangkuliah pulang) saya mulai merasa bosan dan berfikir mau sampai kapan saya jadi kupu – kupu, menjadi orang yang hanya memiliki ilmu yang terbatas. Lalu ketika saya membaca sebuah artikel di internet ada kalimat bijak yang membuat saya tersadar , kira-kira seperti ini “ ketika mengalami sebuah kesulitan maka jangan coba untuk menghindari kesulitan itu tapi buat dirimu untuk melawan kesulitan tersebut. Bisa jadi dibalik kesulitan tersebut ada jalan kemudahan untuk menggapai apa yang diinginkan”. Setelah membaca kalimat itu saya langsung bertekad bahwa saya harus bisa membuat diri saya mengerti  akan sesuatu yang sulit. Dan untuk itu ketika SEF mengadakan Open Recruitment anggota baru , saya langsung mendaftarkan diri untuk bergabung menjadi anggota SEF agar saya lebih mengerti tentang konsep Ekonomi  Syariah.

Dan waktu mendaftarkan diri saya sangat terkejut karena  anggota SEF yang akan diterima hanya 15 orang saja, Perasaan takut tidak diterima mulai timbul karena yang mendaftar ± 170 orang mahasiswa UG dari berbagai jurusan. Langkah saya tidak berhenti begitu saja saya mulai berfikir positif  jika ini jalan yang terbaik yang ALLAH berikan untuk saya pasti ALLAH akan membantu saya untuk melewati setiap rintangan yang ada Tapi jika tidak ALLAH telah menyiapkan jalan lain yang terbaik bagi saya.

Dan ternyata saya bisa melewati seleksi tahap pertama saya mulai bersemangat, kalau saya pasti bisa melewati setiap babak penyeleksian hingga akhirnya saya dinobatkan menjadi anggota SEF angkatan2013\2014.

Di Organisasi SEF-lah akhirnya saya belajar tentang ilmu ekonomi islam,ilmu yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Ilmu yang nantinya bisa bermanfaat juga bagi kehidupan dunia dan akhirat  karena disini saya belajar untuk membangkitkan kembali konsep – konsep ekonomi islam yang telah lama dilupakan oleh umat manusia terutama umat Islam. Karena zaman sudah modern dan bidang ekonomi sudah banyak dikuasai oleh para kaum kapitalis yang hanya ingin menghancurkan umat islam dengan taktik liciknya agar umat islam tunduk dengan segala perintahnya. Oleh karena itu merupakan tugas Wajib bagi setiap umat Islam untuk kembali menerapkan Prinsip – prinsip Ekonomi islam dalam segala bidang kehidupan.

Dan yang paling membuat saya tertarik bergabung di SEF ialah selain mempelajari konsep ekonomi islam, di SEF juga diajarkan ilmu tentang keislaman lainnya sebagai contoh ilmu tentang kepemimpinan, bahwasanya setiap umat manusia itu merupakan seorang khalifah (Pemimpin) sebagaimana terdapat dalam Al-Quran (Al-baqarah : 30). Akhirnya saya sekarang lebih berani untuk keluar dari zona nyaman ketika masih menjadi mahasiswa yang kupu –kupu dan mencoba zona lain yang lebih membuat diri saya tertantang untuk menjadi pribadi yang lebih berani dalam mengambil setiap keputusan dan merubah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Saya sangat bersyukur bisa menjadi anggota SEF karena saya juga dikelilingi oleh Kakak kakak dan teman teman yang kita semua memilki satu visi yaitu SURGA.

Tinggalkan Balasan

