• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Risa Septiani

622795_3803876029619_1586558944_oSEF “Keluarga, Organisasi dan Bagian dari Hidup”

Bismillah, Sharia Economic Forum atau biasa yang kami sering dengar dan sebut SEF Gunadarma. Sebuah wadah atau forum bagi mereka yang ingin belajar tentang ekonomi Islam di Universitas Gunadarma. Alhamdulillah saya dipertemukan kepada mereka yang ada didalamnya, menjadikan kami saudara yang benar-benar saudara, kami saling menyayangi dan memberikan nasihat, bantuan apapun disaat susah ataupun senang.

Sebelumnya perkenalkan, nama saya Risa Septiani. Saya biasa dipanggil di keluarga kedua saya ini dengan beragam nama, diantaranya; Icha, Icul, Icut, Cuil, Bunda, dan lain-lain. Saya lahir di tanah Jakarta, 22 September 1990. Dan.. Inilah kisah saya bersama keluarga saya dimulai…

 

Pertemuan saya dengan SEF, bermula dari kakak saya yang sudah terjun di forum ini, saat saya masih duduk di SMA kakak saya sudah semester 3 dan 4, beliau sering sekali bilang ke ibu untuk rapat, mau mengadakan acara seminar. Untuk anak yang baru duduk di bangku SMA saya melihat mba Muti –kakak saya- sudah hebat karena bikin suatu acara, ketemu pembicara, dll. Saat saya masuk kuliah di Gunadarma kampus tercinta, semester 1 dan 2 saya masih kerjaannya kuliah pulang, kuliah pulang. Nah saat mau memasuki semester 3 sudah mulai mau mencari kesibukan, tadinya saya ingin mengambil paduan suara dengan teman saya namanya Sarrah, beliau ini bisa dibilang sahabat saya dari semester 1 sampai lulus, karena memang sekelas terus. Tetapi ndak jadi karena mendengar kabar latihannya saja bisa sampai jam 9 dan minggupun latihan dalam hati “kapan gue istirahatnya”.

Kebetulan di semester 3 Saya, Sarrah dan beberapa sahabat saya daftar di SEF itu sekitar 7 orang dari kelas saya kebetulan kelas 2EB01. Alhamdulillah kami diterima dengan baik sebagai anggota baru SEF periode 2009-2010, walaupun kakak-kakaknya bisa dibilang masih sedikit mungkin 10 orang seingat saya waktu itu. Dan untuk angkatan saya sebagai anggota juga ada beberapa anak kelas lain yang juga mendaftar. Mulailah saya mengikuti rapat untuk mengadakan seminar dan acara SEF lainnya. Sebagai anggota baru saya sudah diberi tugas sebagai sekretaris untuk acara seminar Economic Sharia Preface yang diketuai oleh Benny, kebetulan beliau sudah di SEF dan sekelas sama saya di 2EB01. Namanya masih anggota benar-benar masih ndak tau harus ngapain tapi Alhamdulillah dibantu sama kakak-kakaknya. Ketika saya menjadi anggota kebetulan kakak saya sudah berada di semester 7 dan 8 itu artinya kakak kami harus berkurang yang angkatan 2006, berarti tinggal angkatan 2007 kebetulan SEF untuk angkatan 2007 benar-benar menyedihkan karena jarang sekali bahkan hampir ndak ada.

Regenerasipun terjadi untuk anggota sudah mulai bertambah tetapi banyak juga yang keluar, termasuk teman-teman saya yang tadinya bertujuh tinggal sisa saya dan Sarrah. Oia hampir saja ketinggalan untuk angkatan 2008 sebelum saya masuk di SEF ada beberapa yang saat itu sudah dekat dengan kakak-kakak di SEF yaitu Rizaldy dan Putri Dina ya bisa dibilang dia sudah mengenal SEF dari tingkat 1. Maka untuk SEF periode 2010-2011 untuk yang angkatan 2008, sudah ada Saya, Sarrah, Putri, Benny, Febri (maaf saya lupa siapa lagi)  yang kami ini diangkat menjadi Badan Pengurus Harian (BPH). Dan mulai masuklah banyak sekali anggota dari tingkat 2008 maupun 2009. Untuk ditahun ini akan dipilih beberapa Bakal Calon ketua SEF yaitu Aldy, Benny, Febri dan Kak Imam (angkatan 2007 yang tersisa) tetapi sayang saat pelaksanaan memberikan Visi dan Misi hanya ada Aldy dan Kak Imam, dengan keputusan bersama akhirnya Aldy yang menjadi Ketua pada periode ini 2010-2011 menggatikan kak Aulia Reza (angkatan 2006). Berdasarkan keputusan dari kakak-kakak terdahulu diputuskan Sarrah sebagai sekretaris dan saya sebagai Bendahara.

Perjalanan kami di tahun ini bisa dibilang menyedihkan dibalik sudah ndak ada kakak-kakak yang bisa diajak sharing dan juga BPH yang sudah mulai sedikit demi sedikit hilang. Bahkan kami (Aldy, Saya dan Sarrah) sering rapat bertiga untuk membahas beberapa agenda untuk SEF kedepan. Tetapi Alhamdulillah dibantu oleh teman-teman seangkatan yang masih menjadi anggota Mufid, Panji, Andri, Agung, Lulu, Wafi dan lain-lain serta adik-adik kami tercinta angkatan 2009 seperti Khairul, Mala, Irma, Novie, Muchlis, Nury, Ikhsan, Arni, dll yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Mereka ini benar-benar jagoan kami yang dikirim sama Allah. Lucunya setiap kami bertemu pasti rapat, jadi terkadang rapat kami itu disela-sela bertemu yang tak disengaja, dan kami sering sekali rapat di Perpustakan kampus E, selalu disitu pinjam ruangan diskusi, untuk adik-adik yang ndak tau hhmm yasudahlah yah hehehe. Pokoknya setiap ada lapak disudut kampus kami jadikan tempat rapat maklum SEF ndak punya rapat. Alhamdulillah untuk SEF ditahun ini kami bisa menyelenggarakan sebuah acara yang bernama Gunadarma Sharia Economi Event 2011 yang benar-benar mewah banyak pujian dari pihak kampus ataupun luar kampus. Kami sudah mulai menjalain kerjasama dengan beberapa perusahaan perbakan syariah, pembicaraan-pembicara bagus kami datangkan. Dosen, mahasiswa dan beberapa rekan-rekan sejawat sudah mengenal SEF yang tadinya mereka belum mengenal SEF dan ekonomi syariah jadi mulai mengenal walaupun masih nabung di bank Konvensional (jangan ditiru).

Regenerasi SEF periode 2011-2012, wiiiiiiihhh ini benar-benar saat-saat dimana saya menjadi kakak dan mempunyai adik yang sangat banyak, mucul jagoan-jagoan Allah yang dengan cinta kami sambut. Jujur waktu bertemu mereka sekali malamnya saya sempet sms sama kak Aldy, saya bilang “Kak, aku takut ketemu mereka”, dan untungnya si Kakak (panggilan saya ke Aldy) bilang “Harus siap menjadi kakak ya kamu”.  Baiklah saya harus menjadi seorang kakak yang baik untuk mereka, karena sudah terbiasa punya kakak yang angkatan 2006 dan 2007. Dan untuk periode ini karena sudah tidak ada bakal calon ketua alias Rizaldy calon tunggal akhirnya Rizaldy terpilihlah menjadi ketua dan saya sebagai Bendahara, untuk sekretaris dipilih Novie. Kebetulan Sarrah sudah tidak lanjut karena beliau diberi amanah untuk menjadi SPV di Lab. Akuntansi Lanjut A. Oh iya menjadi suatu kebanggaan saat kami sudah berada di semester 7 dari anggota SEF banyak yang menjadi SPV (Mufid Suryani, SPV Lab Akuntansi Dasar), (Sarrah Arifah, SPV Lab Akuntansi Lanjut A), (Wahyu Ageng, SPV Lab Manajemen Menengah), kalau saya cukup jadi Asisten di Lab. Akuntasi Lanjut A bareng sama kak Sarrah lagi, ntah kenapa sama kak Sarrah saya jodoh banget dari kelas tingkat 1-4 bareng, di SEF bareng, di Lab juga bareng #justinfo

Well SEF pada periode ini (2011-2012) Alhamdulillahi Rabbal’alamiin Allah selalu memberikan keberkahan kepada kami, SEF benar-benar menjadi organisasi mahasiswa terbaik di Universitas Gunardama. Banyak dosen yang memuji kami Pak Budi Prijanto (Pembantu Rektor III) disetiap sambutannya saya selalu ingin menangis, beliau pernah berkata “Saya selalu bangga dengan SEF, disetiap seminarnya selalu memberikan yang berbeda dan ini bagus sekali”. Pak Toto Sugiharto (Dekan Fakultas Ekonomi) pun sangat memuji kami. Ini semua berkat kerjakeras, doa dan selalu ada “cinta” ditengah-tengah kami.

Selain di SEF dan saya menjadi asisten di Lab Akuntansi Lanjut A, saya juga menjadi anggota BEM FE UG selama 2 tahun pada periode (2010-2011 dan 2011-2012). Di BEM saya mendapatkan teman-teman yang banyak, bisa jalan-jalan gratis salah satunya waktu perpisahaan untuk periode 2010-2011 saat Presiden saat itu Kak Fathir. Alhamdulillah perwakilan dari SEF waktu itu saya dan Kak Aldy (lumayan ya kak gratisan ke Pulau Tidung) hehehe.

Suka dan duka saya untuk di SEF mungkin juga dialami oleh beberapa anggota SEF lainnya mulai sering pulang malam (padahal pas saya ikut Padus takut pulang malam, eh tau-taunya di SEF sering jarang di rumah karena mau hari apapun bisa dipakai untuk rapat). Mulai dari ibu yang mulai curiga takut kalau SEF itu menjurus ke aliran-aliran agama yang sesat yang saat ini banyak sekali aliran yang mengajarkan tidak sewajarnya. Tetapi Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan lagi untuk saya tetap bertahan selama 3 tahun menjadi anggota aktif di SEF (1 tahun anggota dan 2 tahun BPH) bahkan sampai sekarang saya menjadi Dewan Penasihat dan Alumni. Wallahi aku mencinta kalian yang ada didalamnya karena Allah. Saya selalu berpesan kepada adik-adikku yang saat ini masih diberi bea siswa sama Allah untuk belajar di SEF selalu sayangi saudara-saudara kalian, tanyakan kabar, doakan mereka disetiap solat kalian, semoga kita kelak bisa bertemu untuk piknik di Telaganya Rasulullah yaitu Surga. Aamiin

Di forum ini yang saya dapatkan banyak sekali ilmu, cinta, pengalaman. Pengalaman membuat seminar, bertemu dengan orang-orang hebat yang sering muncul di tivi, mengikuti seminar di berbagai kampus, mengikuti segala bentuk aktivitas yang mungkin tidak semua mahasiswa bisa rasakan. Kami di SEF selalu diingatkan untuk selalu menjaga kodrat kami sebagai wanita khususnya saya yang susah sekali dulu untuk berhijab karena selalu dan selalu diingatkan Alhamdulillah karena hidayah dari Allah saya sudah berhijab hampir 2,5tahun. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk diajak kerjasama dalam sponsorship. Harus mempunyai buku mimpi, ya harus punya buku mimpi karena segala sesuatu yang kita inginkan kalau ndak ditulis pasti cepat hilang. Bagaimanapun kita harus mewujudkannya, ingat satu hal mimpi kita itu harus yang membawa kita untuk menuju Syurga, karena segala sesuatu yang kita mau tetapi tidak membawa kita untuk menuju kesana Wallahi cuma sebuah kepercumaan. Berkahnya lagi saya dan teman-teman di SEF yang akan mengerkan skripsi tentang syariah di bantu oleh Pak Imam Subaweh yang beliau ini kebetulan menggeluti di bidang Syariah juga dan menjadi Ketua Jurusan Akuntansi. Kami juga sering jalan-jalan, tempat yang sudah kami kunjungi Jogja, Taman Bunga Nusantara, Pulau Harapan, next Singapore, Dubai, and Mekah. Aamiin

Untuk cerita lebih lanjut bisa di buka beberapa link berikut, Perjalanan Mengikuti Roadshow Seminar Alianz, SEF Goes to Taman Bunga NusantaraBuka Puasa Bersama Sef Gundarma 2012Seminar Zakat at UNJ untuk yang lainnya buka aja disini SEF  karena sebelum saya membuat tulisan ini saya sempat bercerita tentang kegiatan yang saya lakukan dengan saudara-saudara tercinta ini. Setiap seseorang yang bertanya tentang SEF ke saya, aduh ini benar-benar membutuhkan waktu yang lama dan saya pasti menangis, ntah kenapa pasti selalu menangis karena bahagia, karena Allah memberikan kesempatan kepada saya bertemu mereka.

Wassalam, 

Icha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: