• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Nida Nusaibatul Adawiyah

nidaBismillah

SEF selalu dihati”

Nida Nusaibatul Adawiyah, kelahiran Jakarta 28 April 1991. Masuk perguruan tinggi Universitas Gunadarma sejak tahun 2008 dan Alhamdulillah telah di wisuda pada tanggal 29 November 2012 dengan mengambil konsentrasi ekonomi akuntansi. Saya masuk kuliah Sharia Economic Forum sejak 2011 saat itu di bawah pimpinan Muhammad Rizky Rizaldy. Alhamdulillah sekarang saya di amanahi untuk mengajar di kampus tercinta Gunadarma, berharap misi untuk mensosialisasikan ekonomi syariah bisa tersampaikan dengan baik. Saya bersyukur bisa mengenal SEF dan bergabung walaupun hanya sempat memaksimalkan waktu satu tahun untuk pendidikan di SEF, namun akan lebih rugi sekali bagi saya jika sama sekali tidak mengenal orang-orang luar biasa di SEF.

Mempelajari ekonomi untuk saya sendiri sangat penting karena menyangkut aspek kehidupan dunia, namun ekonomi yang ada saat ini masih menganut sistem ekonomi kapitalis, dimana masih adanya praktek riba, spekulasi, ketidakpastian, dll. Saat ini masih banyak orang-orang yang tidak tau ekonomi syariah, padahal itulah system terbaik dan Negara kita yang mayoritas muslim masih belum sadar akan ekonomi syariah. Penting bagi saya pribadi, harusnya muslim lainnya juga mempelajari dan memahami ekonomi syariah dengan harapan akan banyak kader muda yang mensosialisasikan ekonomi syariah sehingga Indonesia dapat menerapkan ekonomi syariah secara menyeluruh.

Sharia Economic Forum adalah wadah yang tepat untuk belajar dan mengkaji banyak tentang ekonomi syariah, karena memang Gunadarma sendiri tidak ada prodi khusus Ekonomi Syariah. Pada dasarnya saya ingin mencari komunitas di kampus yang bisa menjadikan baik diri saya, Alhamdulillah saya di pertemukan dengan SEF pada akhir perkuliahan lewat kuliah informal ekonomi syariah. Selama di SEF saya belajar banyak tentang ekonomi syariah, kajian agama, dan banyak hal tentang ukhuwah. Sehingga kami di SEF adalah keluarga bukan lagi teman atau hanya rekan organisasi.

Sebelum mengikuti kuliah informal saya pernah juga mengikuti aktualisasi syariah perdana SEF yang waktu itu masih di laksanakan di masjid kampus E. Saya disambut hangat dengan panitia padahal mereka ada yang belum mengenal saya, keramahan dalam melayani peserta dan kekompakan itu sudah terlihat saat itu. Ingin sekali bergabung waktu itu tapi seperti masih ada yang mengganjal karena sebelumnya saya pernah ikut organisasi lain di kampus, saya tidak menemukan kenyamanan, ketenangan, dan kesenangan.

Akhirnya saya ikut tes seleksi anggota kemudian ikut kuliah informal, Alhamdulillah bisa di terima menjadi bagian dari SEF Gunadarma. Waktu itu sebagian besar perserta adalah adik-adik kelas saya, tapi saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada panitia pelaksana setidaknya memberi saya kesempatan bergabung diakhir perkuliahan saya dengan alasan apapun itu (hehe).

Ada banyak hal yang saya dapat di SEF, sesuai dengan niat saya juga mencari komunitas yang bisa membuat baik diri saya. Saya bisa belajar memahami ekonomi syariah, diajarkan rapih sampai sempurna dalam melakukan suatu apapun, awalnya saya pemalu kemudian dilatih berani, diajarkan dan dilatih public speaking salah satunya saat aktualisasi syariah dan diamanahkan menjadi MC salah satu seminar GSENT saat itu senang sekali karena itu pertama kali berdiri di hadapan ratusan orang, melatih emosional saya, di contohkan bagaimana berpenampilan yang baik, dan paling penting kebersamaan dan ukhuwah di SEF sangat kuat sekali. Ada kenyamanan dan rasa bahagia sekali ketika berkumpul bersama SEF dan saya bangga dengan SEF.

Terus berjuang para mujahid SEF, terus perjuangkan ekonomi syariah, terus sosialisasikan, teruslah mengajak orang-orang untuk kenal ekonomi syariah. Semangat terus dalam upaya dan doa untuk terwujudnya ekonomi syariah, semoga suatu saat keluarga SEF akan menjadi orang besar yang membawa perubahan besar untuk Negri ini. aamiin

EKONOMI SYARIAH, BISA

ALLAHU AKBAR !

Wassalam

Nida

Tinggalkan Balasan

