• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Muhammad Muchlis Febrianto

MuchlisFIRST ORGANIZATION

Sharia Economic Forum (SEF) merupakan badan semi otonom di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma, SEF merupakan sebuah forum yang berbasis Ekonomi Islam yang sederhana, tapi dalam kesederhanaan itu memiliki peran yang sangat penting bagi Universitas dan khususnya saya pribadi.

Saya Muhammad Muchlis Febrianto, yang suka disapa Muchlis adalah seorang yang pendiam, tidak memiliki cita-cita dalam menjalankan hidup dan tidak memilki karakter yang bagus dalam dirinya, akan tetapi mau berusaha untuk mendapatkan hal-hal yang tidak bisa di tangkapnya itu.

 Saya masih ingat sekali, kejadian dimana saya membuat sebuah lingkaran pertama bersama orang-orang yang luar biasa dalam pandangan saya dan hingga akhirnya saya terus berada di lingkaran itu selama di Gunadarma bersama saudara/I ku. Berarti saya sudah 4 tahun SEF dan 4 tahun di UG.

kejadian itu bermula ketika teman saya yang bernama Khairul mengajak saya untuk ikut pada pertemuan kecil sebuah organisasi yang berbasis Ekonomi Syariah di salah satu gedung Universitas Gunadarma di Depok. Padahal pada saat itu juga perkuliahan sedang berlangsung, hanya saja dosen yang mengajar belum hadir, dengan tidak berfikir panjang lebar saya mengikuti perkumpulan tersebut dengan dalili ingin coba-coba dan ingin tahu apa yang mereka bicarakan. Akan tetapi saya tidak dengan Khairul saja, ada juga teman saya yang Khairul juga mengajaknya yaitu Husin dan Yogi yang juga teman sekelas saya. Setelah saya bertemu dengan kakak-kakaknya dengan segala yang di bahas hingga dalam pertemuan kecil tersebut selesai, akhirnya saya kembali ke kelas untuk mengikuti perkuliahan sambil memikirkan hal-hal yang baru saja terjadi (hari pertama kuliah dan lingkaran perdana saya di SEF).

Setelah saya mengikuti kegiatan-kegiatan yang di buat oleh SEF selama kurang dari 1 tahun, saya akhirnya masuk dengan resmi di Forum tersebut, yaitu diawali dengan mengikuti sebuah pemilihan Ketua Sharia Economic Forum untuk periode 2010/2011, dengan balon-balon yang sudah siap dengan ketegangan di wajahnya. Ada Kak Imam, Kak Rizaldi, Kak Febri dan Kak Benny. Tetapi yang ikut balon hanya dua orang saja, yaitu Kak Imam dan Kak aldi, dengan singkat cerita Kak Rizaldi yang akrab disapa kak Aldi terpilih menjadi Ketua SEF di periode selanjutnya menggantikan Kak Reza yang sudah dua tahun menjabat menjadi Ketua SEF sebelumnya. Di kebahagiaan saya masuk dalam Forum pertama dalam hidup saya, di situ juga ada kesedihan, karena dua teman saya (Husin dan Yogi) tidak memilih untuk lanjut bergabung.

Saya pun mengikuti program-program SEF dari tahun ke tahun dengan teman-teman baru, sedikit demi sedikit terbentuklah dengan sendirinya sebuah karakter pada diri saya dan muncul pula cita-cita yang ingin coba gapai, yaitu menjadi seorang Motivator. Karena saya selalu kagum dengan mereka yang bisa memotivasi orang lain, dan orang tersebut menjadi percaya bahwa mereka pasti bisa!!!

Amanah yang pertama diamanahkan ke saya adalalah anggota di bagian/ seksi Registrasi, bersama Kak Imam, Kak Putri, dan Nury Indriyani. Pada saat kegiatan itu juga kami harus bisa menjual tiket sebanyak 1000 tiket, dan itu sekaligus membuat nama SEF Gunadarma menucul ke atas (bagaikan sesuatu yang muncul dari dasar bumi yang sudah lama terpedam). Dan saya pribadi menjadi bangga atas kerja keras saudara/i di SEF dan saya pribadi. Selain di SEF, saya juga menjadi Asissten Monotoring Mahasiswa dari tahun 2011 sampai 2013 bersama teman-teman di SEF, seperti Ikhsan, Ira, Arni dan Novie.

Ketika saya berada di SEF periode 2011/2012, saya di amanahkan menjadi Staff  Sumber Daya Manusia (SDM) bersama Khairul dan Irma, yang di pimpin oleh Kak Mufid di SDM. Kemudian di tahun selanjutnya pada 2012/2013 saya di amanahkan menjadi Kepala Divisi Sumber Daya Manusia menggantikan Kak Mufid. Saya menjadi Koordinator SDM di kepengurusan Khairul yang pada saat itu dia diamanahkan menjadi Ketua Sharia Economic Forum. Dan selama tahun 2011 sampai 2013, sayapun menjadi anggota di BEM FE di bidang Sharia Economic.

Saya sangat berterima kasih sekali karena telah diterima dengan baik di SEF UG dan di percaya memegang amanah sebagai Staff ditahun 2011/2012 dan Kepala Divisi 2012/2013 di SDM selama 2 tahun terakhir. Di SEF saya mendapatkan banyak pengalaman dan mendapatkan banyak ilmu Ekonomi syariah, di SEF tidak hanya belajar Ekonomi Syariah, tetapi Agama Islam pun tidak lupa di bahas, di SEF saya dipertemukan oleh banyak pembicara yang hebat-hebat dan di SEF Inilah Forum pertama saya dan sekaligus keluarga kedua saya.

Tinggalkan Balasan

