• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Giska Gunanti

Foto0075Bismillah

Asslamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Perkenalkan, Nama saya Giska Gunanti atau terbiasa dengan panggilan Ikha, saya masih berstatus mahasisiwi tingkat akhir pada salah satu Universitas yang berada di kota Depok yaitu Universitas Gunadarma.  Selain itu saya adalah  seorang pembisnis, dimana ada peluang makan saya akan selalu mencoba. Pertama kali yang dibayangkan dalam dunia perkuliahan adalah sesuatu yang menyenangkan tetapi setelah dijalankan terasa membosankan. Pada awal masuk masih mencoba banyak hal-hal baru dan pada pergantian semester sangat terasa bahwa yang dilakukan itu salah.

            Pada tahun kedua bersama dengan teman-teman mengikuti rangkaian Kuliah Informal yang diadakan oleh SEF (Sharia Economic Forum), dan sebelumnya kami sering mengikuti seminar-seminarnya dan mulai tertarik dengan “Ekonomi Syariah”. Kuliah Informal Ekonomi Syariah diselenggarakan selama satu minggu di kampus D, Margonda. Pada hari terakhir diberitahukan bahwa SEF BEM FE Universitas Gunadarma membuka pendaftaran untuk calon anggota baru. Sejujurnya, belum terpikir untuk menjadi anggota tetapi karena ajakan teman-teman akhirnya saya memutuskan untuk mencoba. Saya mempunyai sifat yang tidak mudah bergaul dengan banyak orang bahkan cenderung pendiam terkecuali pada orang yang telah dikenal dekat. Saya berpikir bahwa kegiatan organisasi ini baik untuk mengembangkan potensi dan menghilangkan sifat buruk saya. Terlebih lagi akan banyak ilmu yang akan saya dapatkan.

            Pada hari minggu pagi, saya datang pada tempat pendaftaran yang telah diberitahukan. Dengan membawa persyaratan dengan niat yang kuat saya bertemu dengan teman-teman di kampus. Awalnya terasa sangat bingung dan bertanya dalam hati “kira-kira seperti apa tes yang harus dilakukan ?”. Sesampainya disana banyak mahasiswa dan mahasiswi yang berkumpul disana.  Ada tiga tahapan yang harus dilakukan yang pertama berdiskusi kelompok dan interview dengan senior-senior.  Kedua berjualan dengan sistem bagi hasil dan DEI (Diklat Ekonomi Islam) atau pelantikan. Pada tahap pertama,kami pun mendapat perintah untuk berdiskusi kelompok, setelah dibagi beberapa kelompok kami mulai mendiskusikan masalah yang telah diberikan dan mencari solusinya.

            Setelah itu, kami pun beristirahat sejenak untuk shalat dzuhur dan makan siang. Tahap kedua yaitu interview secara bergantian satu per satu. Interview pun selesai dengan rasa was-was dan deg-dengan. Kami pun pulang dan menunggu konfirmasi lolos atau tidak lolos. Saya pun menunggu datangnya konfirmasi tersebut melaluli SMS dengan rasa bimbang. Setelah mendapatkan SMS saya membacanya dengan perlahan “Yah” dengan kecewa saya kira saya telah gagal dan ternyata saya berhasil lolos dan berteriak “Yeeey” karena terlalu senang. Saya berpikiran juga keempat teman saya lolos dan menanyakannya pada mereka. Tetapi sayangnya mereka tidak lolos dan hanya saya yang menlanjutkan ke tahap selanjutnya. Rasanya sangat sedih dan kecewa ketika mendengar kabar baik itu, sempat terpikir untuk mundur tetapi saya akan gagal jika mundur sekarang. Maka dari itu saya lanjutkan dengan perasaan bersalah terhadap mereka. Saya pun menyemangati diri sendiri dengan percaya akan suatu keyakinan dan saya yakin bahwa tempat saya disini yaitu SEF (Sharia Ekonomic Forum).

            Tahap selanjutnya kami dibagi beberapa kelompok untuk berjualan dengan diberikan modal Rp 50.000,- dengan akad mudharabah. Kami pun mulai berjualan, awalnya kami jual permen, gorengan, sabun dan lain-lain. Keunntungannya cukup memuaskan, hasil berjualan akan dipresentasikan pada saat DEI nanti. Pada hari terakhir berjualan kami pun menjalankan interview untuk yang kedua kalinya. Saat yang ditunggu pun tiba, DEI (Diklat Ekonomi Islam) yang diselenggarakan di puncak 3 hari 2 malam.

            Setelah tiba kami bersitirahat dan dilanjutkan dengan pemberian materi, selama disana kami diberikan banyak sekali materi-materi yang bermanfaat. Sayang sekali, keesokan harinya saya sakit karena udara yang sangat dingin. Terus berbaring hingga hari akhir dan begitu salut pada kakak-kakak yang menjaga dan merawat saya ketika saya sakit disana. Hari terakhir menjadi kenangan yang tak terlupakan. Pelantikan para BPH dan Anggota, tentunya juga ketua Sharia Economic Forum periode 2011-2013. Begitu mengharukan dan mengesankan diakhiri dengan berfoto bersama, dan terakhir kami pun kembali pulang.

Libur kuliah menjelang lebaran pun menutup perjumpaan kami, terasa kehilangan saat berkumpul bersama dan hangatnya kekeluargaan yang didapat. Mereka pun berkunjung untuk pertama kalinya ke rumah saya dalam suasana lebaran. Dan sangat menyenangkan walaupun kami belum kenal dekat.

            Acara pertama kami dalam kepengurusan periode tahun 2012-2013 adalah seminar Kalimalang  yang bertemakan perkenalan Ekonomi Islam. Pertama kalinya dipercayai sebagai anggota Sie. Pendanaan yang diketuai oleh Dea Anisa Miranti. Sangat menyenangkan, semua rasa lelah menjadi ringan kami kerjakan dengan penuh rasa ikhlas. Tugas ini memberikan pelajaran bagaimana cara mencari dana untuk membiayai acara kami dengan menelpon dan mendatangi para sponsor. Membuat proposal bersama untuk dijadikan acuan pendanaan kami. Setelah beberapa bulan tibalah acara kami yang diadakan di Kampus J ,Kalimalang.  Menjadi panitia acara memiliki kebanggan tersendiri, yang sebelumnya hanya menjadi peserta dan mendengarkan, sekarang saya ikut dalam terselenggaranya acara ini. Tak terbayangkan bagaimana yang saya rasakan saat itu, begitu menyenangkan.

            Dilanjutkan dengan GSENT (Gunadarma Sharia Economic Event) dilaksanakan selama lima hari. Dan saya kembali dipercaya sebagai Sekretaris acara, tugas saya adalah mencatat hasil-hasil rapat dan segala bentuk kegiatan serta membuat proposal. Diketuai oleh Ashabul Kahfi, saya telah banyak dibantu dalam melakukan tugas-tugas saya karena ini pertama kalinya bagi saya ikut organisasi dan membuat acara. Walaupun sudah belajar dari seminar Kalimalang tetapi memiliki tugas yang berbeda pada acara kali ini. Diselingi itu kami juga membuat Aksyar (Aktualisasi Ekonomi Syariah) yang diadakan 1 bulan 1 kali. Tak hentinya SEF (Sharia Economic Forum) memberikan saya banyak ilmu yang tidak saya jumpai di dunia perkuliahan. Bertemu dengan orang yang baru saya kenal, para ahli ekonomi syariah dan orang-orang hebat lainnya membuat saya tercengang dengan kebodohan saya.

            Saya juga mendapat kesempatan untuk ikut SET (Sharia Economist Training) disana saya juga banyak mendapat ilmu dan teman-teman baru yang berbeda Universitas dan jurusan. Ketika mereka berbicara saya merasa tidak percaya diri, mereka adalah orang-orang hebat. Kebetulah saya berkelompok dengan mahasisiwi Universitas Ibnu Kaldun, Asy Syukiyah, Tazkia, Mercu Buana dan UNJ. Dengan latar belakang yang berbeda kami pun menyingkapkan perbedaan dan menyatukan tujuan.

            Dan pada saat ini, kepengurusan periode tahun 2013-2014 yang diketuai oleh Ashabul Kahfi. Saya dipercaya menjadi WASEKJEN (Wakil Sekretariat Jendral) dengan tugas notulensi dalam rapat dan LPJ. Ditemani oleh rekan saya Fachry Kencana sebagai Ketua Divisi Sekretaris Jendral. Terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada saya dan Insya Allah akan menjalankan tugas dengan sebaik mungkin.

            Banyak sekali kejutan  dan kebahagiaan yang telah diberikan SEF (Sharia Economic Forum). Tak pernah mengecewakan dengan segala kekurangan dan kelebihan, rasa kekeluargaan yang diberikan oleh kakak-kakak dan adik-adik begitu melekat erat karna visi SEF (Sharia Ekonomic Forum) adalah “Surga”. Tak akan cukup 100 lembar kertas untuk menulis tentang keluarga besar SEF (Sharia Economic Forum) karena kebahagiaan yang terus mengalir bagai air yang tek pernah mongering.

Tinggalkan Balasan

