• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Bagaimana SEF Di Mata Pejabat Kampus?

Eksistensi dan kemajuan Ekonomi Syariah di dunia kian hari makin meluas. Begitupun di  Indonesia, kemajuan sangat terlihat sekali baik dari lembaga bank maupun non bank. Itu semua tak luput dari semangat dan gairah peran orang-orang yang membumikan ekonomi syariah baik itu dari unsur praktisi, akademisi, maupun para pelajar dan mahasiswa. Dari lapisan mahasiswa sendiri memiliki wadah untuk membumikan ekonomi syariah yang bernama KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang tergabung dalam FoSSEI (Forum Studi Ekonomi Islam) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Universitas Gunadarma memiliki KSEI yang bernama Sharia Economic Forum atau akrab disebut dengan SEF Gunadarma.

Ramai

Memasuki kepengurusan awal Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma masa amanah 2013-2014, pengurus melakukan peninjauan langsung ke lapangan dengan mewawancari beberapa pejabat kampus UG (13/9) untuk dimintai pendapat mengenai eksistensi Sharia Economic Forum selama kurang lebih 6 tahun berkomitmen berdiri di Universitas Gunadarma. Tim yang bertugas untuk mewancarai diantaranya: Santoso Permadi (Kepala Divisi Sumber Daya Manusia SEF UG 2013-2014) sebagai pewawancara; Puti Rahmadhani Ambun Suri (Kepala Divisi Hubungan Masyarakat SEF UG 2013-2014) sebagai juru tulis; dan Novia Mandalasari (Staff Divisi Hubungan Masyarakat SEF UG 2013-2014) selaku juru dokumentasi. Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengetahui perkembangan SEF UG dan manfaat yang dirasakan melalui pendapat pejabat-pejabat kampus. Dan beberapa pejabat kampus yang berhasil diwawancarai di antaranya: Bapak Dr. Imam Subaweh, SE. AK. MM.; Bapak Dr. Budi Prijanto, SE., MMSI; Bapak Dr. Riskayanto, Ir., MM.; dan Bapak Toto Sugiharto, Ir., M.Sc., Ph.D.

Pak Imam

Dr. Imam Subaweh, SE. AK. MM.
(Ketua Jurusan Akuntansi FEUG | Kepala Pusat Studi Ekonomi Syariah UG) 

“SEF memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan Ekonomi Syariah baik di tingkat mahasiswa maupun masyarakat secara umum, dan saya memandang ini adalah suatu hal yang luar biasa”. 

“Saya memang tidak begitu mengikuti kegiatan SEF secara rutin, namun secara keseluruhan SEF adalah kegiatan yang sangat posotif baik untuk mahasiswa maupun untuk dosen. SEF bagi saya adalah organisasi yang membantu para dosen. Mengapa? Karena dari FE sendiri belum bisa atau bahkan mampu membuat konsentrasi di bidang Ekonomi Syariah. Tetapi SEF memiliki inisiatif sendiri, dari kegiatan yang diadakan oleh SEF baik itu berbentuk formal maupun informal seperti Seminar, KI, GSENT, dan sebagainya. Saya mewakili dosen-dosen memandang bahwa SEF adalah suatu organisasi yang LUAR BIASA dan TIDAK MENGIRA AKAN SEPERTI INI. Saya berharap kekompakan anggota SEF serta prestasi yang diraih jangan sampai kondisi seperti ini dihilangkan melainkan untuk dipertahankan. Hubungan antar dosen dan anggota-anggota SEF juga perlu ditingkatkan dalam hal kerjasama. Mungkin kami para dosen dapat membantu terkait sarana dan prasarana. Saya juga berharap akan diadakannya Seminar Internasional di Universitas Gunadarma dan SEF yang membantu mewujudkan, itu semua karena saya mengingat akan prestasi SEF yang mengirimkan delegasinya ke Dubai tahun lalu. Dan terakhir, saya juga berharap dengan kinerja SEF yang sangat  baik ini Universitas Gunadarma akan membuka prodi dan jurusan Syariah”.

Pak Budi

Dr. Budi Prijanto, SE., MMSI.
(Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi dan Pembina Ormawa)

“Bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, apabila ingin maju pilihlah SEF!”.

“Saya selaku pembina organisasi kemahasiswaan di kampus ini dan tentu saja saya tidak hanya membina SEF namun beragam organisasi, saya dapat membandingkan, menurut saya SEF itu adalah organisasi yang memilki konsisitensi dan eksistensi yang terus terjaga dari tahun ke tahun. Nah.. itu bedanya SEF dengan organisasi lain, SEF berada di level yang paling tinggi di antara organisasi lain yang selalu mengalami pasang surut dari tahun ke tahun. Tetapi SEF jelas berbeda! Dan saya sangat berharap sekali SEF itu menghasilkan karya yang dapat dikenang sepanjang masa. Jadi tidak hanya dokumentasi foto-foto atau video, Saya ingin sekali SEF membuat sebuah buku yang tentunya anggota-anggota SEF sendiri yang menjadi penulisnya. Saya juga mendukung sekali apabila ada prodi Ekonomi Syariah di kampus ini namun kita harus menyediakan sarana dan prasarananya terlebih dahulu tentunya. Untuk dosen, kami tidak bisa sembarangan mengambil dosen dari luar yang ditempatkan di Universitas Gunadarma, mungkin suatu hari nanti anggota-anggota SEF inilah yang menjadi dosennya”. 

Pak Riskayanto

Dr. Riskayanto, Ir., MM.
(Kepala Lab. Pengembangan Pasar Modal)

“Saya tetap melihat SEF sebagai organisasi yang perlu diberi gelar standing ovation dari Fakultas Ekonomi, SEF itu dilaporkan menjadi sebuah kebanggaan yang selalu menonjolkan kinerjanya dengan sangat baik. Untuk itu, tetaplah menjadi organisasi yang menjadi benchmark untuk organisasi lain”. 

“Menurut saya, SEF adalah organisasi yang berbeda dari yang pernah ada dan perbedaannya terletak pada kinerja SEF yang membawa prestasi. SEF menjadi benchmark dari organisasi lain yang ada di Universitas Gunadarma. Dan dari sini, sudah terlihat bahwa SEF adalah panutan dari organisasi lain bahkan dari pihak kampus sendiri. Jujur saja, walaupun saya bukan dosen yang sering hadir di event-event SEF namun saya sangat turut berbahagia akan prestasi-prestasi yang diraih oleh SEF dan itu sangat membanggakan!”.

Pak Toto

Toto Sugiharto, Ir., M.Sc., Ph.D.
(Dekan FE Universitas Gunadarma)

“SEF adalah organisasi kemahasiswaan yang sangat membanggakan, tetaplah bersabar dan bersyukur karena Allah”

“Saya melihat SEF baik dari sisi saya sebagai seorang Dekan atau diri saya pribadi, SEF itu sangat membanggakan. Baik dari segi pengelolaan, perekrutan anggota dengan proses yang sangat panjang, pelatihan, dan lainnya. Itu semua dilalui dengan keseriusan dan tidak asal pilih. Di lain sisi, tentunya sebagai Dekan, SEF itu sangat membantu sekali membentuk kepribadian baik dari pengembangan diri, solidaritas, komitmen, dan kemandirian. Maka dari itu, saya akan selalu memberikan kontribusi yang tidak kecil untuk SEF. Dan berkenaan dari itu semua, saya yakin itu semua karena kerja keras dan do’a dari anggota SEF yang kuat karena Allah. Allah bekerja di situ, jaringan kalian tidak hanya antara manusia dengan manusia tetapi manusia dengan Tuhan. Karena “Kesuksesan seseorang akan bergantung pada IT (Izin Tuhan)”. Dan saya juga suka sekali dengan SEF karena SEF itu selalu rapih, setiap event bisa dilihat dari backdrop-nya yang rapih, tamannya yang indah, dan rundown acaranya yang berjalan teratur serta panitanya yang berseragam dan itu sangat menunjukan profesionalisme dan nilai tambah yang sangat membanggakan”.

Laporan Puti Rahmadhani Ambun Suri
Editor: Muhamad Rizky Rizaldy

Tinggalkan Balasan

