• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Sharia Economic Forum RIHLAH Ke Kebun Raya Cibodas

1236644_634750063226558_619230721_nBOGOR – Sharia Economic Forum (SEF) kembali mengadakan rihlah pada Kamis (19/9) di Kebun Raya Cibodas. Kegiatan ini terdiri dari Anggota, Badan Pengurus Harian, Dewan Penasehat, Senior, dan Alumni SEF. Beberapa Dewan Peasehat, Alumni, dan Senior yang dapat hadir diantaranya seperti Kak Aldy, Kak Khairul, Kak Cipta, Kak Icha, Kak Azifa, Kak Siva, Kak Esty, Kak Jaharra, dan Kak Suci. Acara tahunan ini biasanya diadakan sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah dan penyegaran kembali teruntuk peserta rihlah masa kepengurusan 2013-2014 yang setiap harinya diisi oleh amanah-amanah besar karena Allah. Dan dengan tercapainya tujuan dari rihlah ini, semangat Ekonom Rabbani semakin bertambah dan membara dalam membumikan Ekonomi Syariah khususnya di Universitas Gunadarma dihati para peserta rihlah.

Seluruh peserta rihlah berkumpul depan Kampus D pukul 06.00 WIB dan berangkat menuju lokasi pukul 07.30 WIB. Selama perjalanan, terlihat wajah-wajah ceria yang nampaknya tidak sabar ingin langsung sampai ke lokasi rihlah. Pukul 09.30 WIB seluruh peserta sampai di lokasi rihlah yaitu Kebun Raya Cibodas. Cuaca hangat diselingi semilir angin sejuk menyambut kedatangan keluarga SEF Gunadarma saat turun dari bus dan menuju pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Seluruh peserta beranjak dari lokasi pembelian tiket ke lokasi rihlah. Setelah sampai di lokasi, acara pembukaan pun dimulai. Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibaca oleh Sdr. Rivaldi Samah. Setelah itu, Sdr. Heru Prasetyo selaku masy’ul (Ketua Pelaksana Rihlah 2013) memberikan sambutannya, “Acara rihlah merupakan agenda penting yang bermanfaat untuk menguatkan kembali ukuwah kita. Ukuwah kita bagaikan sebuah rumah, dan disini kita sedang berupaya mengencangkan pondasinya melalui pembenahan pada bata-bata yang tersusun membentuk sebuah pondasi”. Ujarnya. Selanjutnya Sdr. Santoso Permadi selaku (Kepala Divisi SDM SEF UG 2013-2014) memberikan kata sambutannya, “Acara ini merupakan ajang untuk mempererat kekeluargaan diantara kita”. tegasnya.

Setelah acara pembukaan selesai, kami pun beranjak untuk shalat Dzuhur berjamaah, makan siang, dan selanjutnya yaitu “Sharing Alumni”.  Acara sharing alumni dimoderatori oleh Kak Khairul Adianto (Eks. Ketua SEF UG 2012-2013), beliau adalah sosok kakak yang mempunyai semangat dan loyalitas yang sangat tinggi terhadap amanah yang beliau emban, kami sebagai adik-adiknya sungguh sangat berhuntung seringkali dimotivasi oleh beliau. Kak Icha (Eks. Bendahara) merupakan alumni pertama yang memberikan amanah kepada adik-adiknya. Beliau berkata, “Selalu pandailah menempatkan posisi dan membagi waktu antara tugas di kelas dan diluar kelas”. Imbuhnya. Setelah itu, Kak Cipta Nugraha atau yang sering disapa Kak Cipta memberikan pesan bahwa, “SEF itu merupakan media dakwah yang tuntunannya besar, dan kalian harus memiliki ilmu untuk bertanggung jawab terhadap amanah ini”. tegasnya. Selanjutnya sharing-sharing dilanjutkan oleh Kak Jaharra, Kak Esty, Kak Siva, Kak Suci, Kak Azifa, dan terakhir Kak Aldy. Acara sharing-sharing ditutup oleh Kak Azifa dan Kak Aldy. Kak Zifa (Eks. Kadiv Humas 2011-2012) mengungkapkan kebahagiaannya dan memberikan kesan bahwa, “melihat keceriaan wajah Adik-adik SEF bagaikan refreshing bagi kakak”, ungkapnya. Beliau adalah sosok kakak yang lembut bagi adik-adiknya, semangatnya yang luar biasa menjadi teladan bagi adik-adiknya terutama adik-adik dari kaum akhwat. Dan terakhir sharing dari kak Aldy, yang tentunya namanya sudah tidak asing lagi dikalangan kampus, baik dari Mahasiswa, Dosen, sampai Pejabat kampus. Beliau menghimbau dalam pesannya yang selalu kami tunggu-tunggu yaitu, ”Seseorang dikatakan orang penting karena Ia mementingkan orang lain, maka dari itu di SEF kalian mementingkan umat dan kalian adalah orang penting. Nikmatilah , karena SEF adalah sebaik-baiknya cara menikmati masa muda” Kata Kak Aldy (Eks. Ketua SEF UG 2010-2012).

Acara sharing alumni ternyata membawa manfaat untuk seluruh peserta rihlah. Seluruh anggota termotivasi atas pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh pengurus sebelumnya. Acara tukar Kadopun dimulai. Wajah-wajah penasaran dan ceria terlihat pada saat itu sampai diakhir penutupan.

Setelah seluruh rangkaian acara dilaksanakan, seluruh anggota SEF menuju air terjun Kebun Raya Cibodas. Jarak tempuh yang ‘lumayan’ sangat jauh dari tempat kami berkumpul sebelumnya tidak sama sekali membuat kami mengeluh. Hal demikian dikarenakan kehangatan, kebersamaan, dan keceriaan selama perjalanan yang kami tempuh dengan berjalan kaki. Bahkan seringkali kami tersasar dan membuat semakin jauh kami mencapai lokasi tujuan. Namun kembali lagi, rasa lelah sama sekali tidak kami rasakan, apalagi ditambah dengan turunnya hujan yang sama sekali tidak menyurutkan langkah kami, melainkan menambah kemesraan dan keindahan bagi kami yang merasakannya. Acara rihlah berakhir pukul 17.30 WIB. Acara selesai, dan kami tiba dikampus D pukul 22.00 WIB.

Acara seperti ini sangatlah penting untuk sebuah organisasi karena bermanfaat untuk peningkatan kinerja anggota. Tanpa kesolid-an tim dan komunikasi yang efektif maka kinerja sebuah organisasi tidak akan baik.

Laporan: Puti Rahmadhani Ambun Suri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: