• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Perusahaan pembiayaan jangan hanya andalkan pasar modal dan bank

perusahaan-pembiayaan-jangan-hanya-andalkan-pasar-modal-dan-bankSelama ini, perusahaan pembiayaan di Indonesia selalu mengandalkan peran pasar modal dan perbankan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan perusahaan pembiayaan dapat berasal dari perasuransian serta dana pensiun sehingga nantinya dapat terus bertumbuh.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Lembaga Keuangan Non Bank Firdaus Djaelani mengatakan, banyak kegagalan dari perusahaan pembiayaan di Indonesia yang berdampak pada kekacauan sektor perbankan.

“Apalagi sejumlah industri pembiayaan masih bergantung pada induk bank yang membawahinya,” ujarnya saat acara Pertemuan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) di Hotel Le Meriden, Jakarta, Selasa (29/1)

OJK juga menaruh harapan pada strategi pembiayaan syariah yang trennya belakangan ini tumbuh positif dan makin diminati dalam industri pembiayaan. Tapi, ada beberapa catatan terkait pembiayaan syariah.

“Proporsi pembiayaan syariah masih sangat kecil dibanding konvensional,” jelasnya.

Sementara itu, terkait kebijakan Bank Indonesia soal pembayaran uang muka atau down payment untuk kredit kendaraan bermotor dan kredit perumahan rakyat (KPR), Firdaus melihat seharusnya konsumen memiliki banyak waktu untuk menyesuaikan aturan tersebut terhadap industri pembiayaan.

“Yang kurang yakni pemberian waktu terhadap konsumen untuk mengikuti kebijakan ini sehingga masyarakat terkejut,” ujarnya.

Untuk memberikan ketahanan terhadap Industri pembiayaan, OJK akan terus membenahi sumber daya manusia dan infrastruktur supaya bisa menyerap regulasi yang sesuai bagi industri.

Source : Merdeka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: