• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

BSM akan merilis kredit multiguna

1125766960pBank Syariah Mandiri (BSM) berencana merilis pembiayaan multiguna. Kendati belum memasukkan ke dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun ini, BSM tengah menyiapkan simulasi produk. Pembiayaan ini akan menggunakan akad tawarruq. Akad ini merupakan transaksi jual beli yang memberikan justifikasi kebutuhan uang (likuiditas) salah satu pihak.

Contoh tawarruq, seseorang membeli barang dengan harga kredit, lalu ia menjual barang tersebut secara kontan kepada pihak ketiga selain dari penjual. Tawarruq sempat menjadi perdebatan di kalangan ulama. Namun, perdebatan tersebut diselesaikan, dengan memastikan tawarruq hanya untuk sektor riil

Di lembaga keuangan syariah di Malaysia, akad ini cukup populer. “Kami masih memikirkan menggunakan akad seperti apa, tetapi kemungkinannya tawarruq. Ini seperti prinsip jual eceran, beli grosiran,” ujar Hanawijaya, Direktur BSM, kemarin.

Menurut dia, produk ini akan menggunakan kartu debit. Nasabah yang mengajukan pembiayaan multiguna bakal memperoleh pembiayaan melalui kartu debit mereka. Konsep ini sangat berbeda dengan kartu pembiayaan (kartu kredit).

Informasi saja, selain BSM, Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP juga berencana menggeluti pembiayaan multiguna. Koko Rachmadi, Kepala OCBC NISP Syariah optimistis, pihaknya bisa meluncurkan produk anyar tersebut tahun ini. Dengan begitu, bisnis perseroan tidak cuma berkutat di pembiayaan perumahan seperti dua tahun belakangan.

Pembiayaan multiguna OCBC NISP Syariah akan menggunakan akad murabahah. Saat ini, permohonan izin masih dalam proses di Bank Indonesia (BI). “Pembiayaan multiguna ini perluasan layanan produk terhadap kebutuhan keuangan nasabah. Potensinya besar, baik untuk nasabah (existing) maupun calon nasabah baru,” katanya.

Selain pembiayaan multiguna, OCBC NISP Syariah juga akan merilis pembiayaan kendaraan roda empat. Bank ini berencana menggunakan akad murabahah dan musharakah mutanaqisah. Sama seperti dengan pembiayaan multiguna, pembiayaan ini juga masih dalam proses izin di BI. Diharapkan, bisa meluncur pada tahun ini juga

Source :Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: