• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Warga Maroko Beralih ke Bank Syariah

pelajar-muslim-maroko-selepas-pulang-sekolah-ilustrasi-_111127121347-146Maroko menjadi salah satu pasar menarik bagi perbankan syariah. Sebagian penduduk Maroko kini telah beralih dari bank konvensional ke bank syariah.

Berdasarkan survei yang baru-baru ini dilakukan, 94 persen responden mendukung sektor perbankan syariah di Maroko. Saat ini lebih dari selusin aplikasi perbankan syariah berada di atas meja bank sentral Maroko dan diharapkan dapat mulai beroperasi akhir tahun ini.

Tingginya animo masyarakat Oman untuk beralih ke perbankan syariah telah mendorong kalangan profesional perbankan di negara Afrika tersebut untuk mulai mencari sertifikasi agar mampu berkecimpung di perbankan syariah dan melayani pertumbuhan pasar.

Institut Keuangan Syariah Ethica di Dubai, menjadi salah satu lembaga sertifikasi keuangan syariah, yang menangkap peluang ini. Lembaga tersebut baru saja menandatangani perjanjian eksklusif dengan Alar Conseil, perusahaan asal Maroko yang berkecimpung dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam perjanjian tersebut, Ethica melalui Alar Conseil akan memberikan pelatihan bagi para bankir Maroko.

Melalui Ethica, bankir Maroko mendapatkan pelatihan dari Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial (AAOIFI) selama empat bulan. AAOIFI sendiri adalah  lembaga yang memimpin penetapan standar keuangan syariah.

Direktur Pelaksana Alar Conseil, Amine Rossafi, mengatakan Maroko akan membangun kerangka peraturan untuk mengembangkan keuangan syariah. “Kemitraan kami dengan Ethica memperkuat komitmen untuk mempromosikan keuangan syariah melalui e-learning dan pemberian pelatihan dan seminar disesuaikan,” ujarnya seperti dikutip dari Market Watch, Selasa (5/2).
Sektor keuangan syariah Maroko diyakni akan berhasil selama mematuhi standar AAOIFI.

Institut Ethica adalah pemenang penghargaan “Kualifikasi Keuangan Syariah Terbaik” versi Global Islamic Finance. Ethica dipilih oleh para profesional untuk memberi sertifikasi keuangan syariah.

Source : Republika

Satu Tanggapan

  1. kalau saja masyarakat Indonesia sadar tentang keberadaan bank syariah, pasti bank syariah disini bisa besar dan ekspansi ke beberapa negara. secara, penduduk Indonesia yang muslim jumlahnya lebih dari 180 jt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: