• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

SEF GATHERING 2012

IMG_6345Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma mengadakan acara “SEF Gathering”. SEF Gathering bertujuan untuk memperkenalkan salah satu Student Scientific Club teraktif di Universitas Gunadarma yaitu Sharia Economic Forum kepada masyarakat Gunadarma khususnya mahasiswa baru Tahun Ajaran 2012/2013. Acara ini berlangsung pada jumat (2/11) di auditorium D342.

Pembicara pertama Ricky Dwi Apriyono selaku Kepala Divisi Humas SEF menyampaikan bahwa ketika kita bergabung dengan Sharia Economic Forum maka kita akan masuk kedalam organisasi yang luar biasa karena banyak manfaat yang akan kita dapat untuk masa depan.

Pembicara kedua  Khairul Adianto selaku Ketua SEF menyampaikan tujuan SEF adalah mencetak anggota-anggota yang berilmu dan berakhlak. Selain itu beliau juga menyampaikan program kerja SEF selama setahun kedepan, yaitu:

  1. Aktualisasi Ekonomi Syariah

Aktualisasi Ekonomi Syariah atau sering disebut Aksyar merupakan diskusi bulanan ekonomi islam yang diselenggarakan oleh SEF. Diskusi ini membahas tema-tema menarik diantaranya :

        a. Sistem Pemikiran Ekonomi Islam

       b. Bencana Global Moneter

       c. Riba dan Tinjauan Kritis Perbankan Syariah

       d. Harta Haram Muamalah Kontemporer

       e. Rasulullah Way of Managing People

       f. Langkah Emas Pengusaha Muslim

       g. Zakat Dalam Perekonomian Modern

       h. Akuntansi Syariah

  1. Seminar An Introduction to Sharia Economic 2012

Seminar An Introduction to Sharia Economic merupakan Seminar pertama yang diadakan oleh SEF pada periode kepengurusannya yang berlangsung pada Sabtu 10 November 2012 di Cinema Room.  Ketua Pelaksana seminar ini adalah Steffano Jatayu.

  1. Gunadarma Sharia Economic Event 2013

Gunadarma Sharia Economic Event (G-SENT) merupakan event terbesar yang diadakan oleh SEF yang berlangsung selama 3 hari. Rangkaian acara G-SENT berupa seminar, bedah buku dan orasi ilmiah. Ketua pelaksana G-SENT 2013 adalah Ashabul Kahfi.

  1. Kuliah Informal Ekonomi Syariah 2013

Kuliah Informal Ekonomi Syariah (KIES) merupakan acara yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan ekonomi islam kepada masyarakat gunadarma. Acara ini diselenggarakan selama 5 hari dengan konsep seperti kuliah. Ketua pelaksana KIES 2012 adalah Hendra Setyawan

  1. Diklat Ekonomi Islam 2013

Diklat Ekonomi Islam (DEI) merupakan acara yang wajib diikuti bagi mahasiswa Universitas Gunadarma yang ingin menjadi anggota Sharia Ecconomic Forum. Acara ini berlangsung selama 3 hari dan biasanya diadakan di Puncak, Bogor. Ketua Pelaksana DEI adalah Gustav Mochamad Yusup.

Pembicara ketiga adalah M. Rizky Rizaldy selaku Dewan Penasihat SEF, beliau menjelaskan secara singkat tentang ekonomi islam, selain itu beliau juga menjelaskan bahwa SEF tidak hanya mengurusi hal-hal yang bersifat duniawi tetapi juga mengedepankan kepentingan yang membawa manfaat untuk kehidupan selanjutnya.

                SEF Gathering dihadari  lebih dari 100 Mahasiswa Universitas Gunadarma. Terlihat banyak diantara peserta yang tertarik untuk mendalami Ekonomi Syariah, hal ini bisa dilihat dari keaktifan para peserta pada saat sesi Tanya jawab.

            Sesi terakhir pada SEF Gathering adalah Perkenalan Anggota Sharia Economic Forum yang dikomandoi oleh Muchlis Febrianto selaku Kepala Divisi Sumber Daya Manusia SEF. Saat ini anggota SEF berjumlah 48 orang yang terdiri dari Mahasiswa tingkat 1 – tingkat 4.

            SEF Gathering diadakan setiap tahun yang bertujuan untuk menjalin silaturrahim dengan masyarakat gunadarma. (Diajeng Ayu Rhafsanjani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: