• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

KPR Masih akan Tumbuh

head-permata-bank-syariah-achmad-permana-kanan-_121128194838-235 JAKARTA – Meskipun awal kuartal kedua Bank Indonesia akan melakukan pembatasan financing to value (FTV) di perbankan syariah, aturan ini bukanlah akhir dari pertumbuhan.

Bank syariah masih bisa memanfaatkan skim lain yang rasionya lebih rendah. Perbankan syariah masih bisa meningkatkan pembiayaan melalui produk pembiayaan rumah.

“Perbankan syariah masih punya akad ijarah muntahiyah bit tamlik (IMBT) dan musyarakah mutanaqisah (MMQ),” kata Head Syariah Bank Permata, Achmad K Permana, Rabu (28/11).

Skim yang paling banyak dipakai adalah murabahah. Namun, yang menggunakan dua skim lain belum begitu besar. Permana mengatakan yang bermain di kedua skim ini baru 40 persen. Sehingga perusahaan perbankan syariah memiliki kesempatan untuk mengembangkan skim ini.

Permana mengatakan tujuan diadakannya pembatasan FTV syariah adalah untuk mengantisipasi manajemen risiko. Perbankan syariah merupakan bagian dari keuangan makro sehingga kebijakan ini juga harus diterapkan di perbankan syariah.

Penikmat kebijakan loan to value (LTV) di perbankan konvensional tidaklah begitu besar. Perbankan syariah yang melayani pembiayaan rumah di atas 70 meter persegi tidaklah besar.

“Kebanyakan perusahaan masih dalam tahap persiapan menuju ke sana,” kata Permana. Namun ia mengakui memang ada dampak atas aturan LTV di konvensional.

Ia melanjutkan, Permata Syariah kemungkinan akan mengoreksi target pembiayaan rumah untuk 2013. Namun, Permana mengakui belum menentukan jumlah koreksinya karena masih ada celah pertumbuhan pembiayaan tersebut.

Untuk kendaraan bermotor yang seluruhnya menggunakan skim murabahah, ada koreksi target sebesar 50 persen.

Source : Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: