• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

MoU Bank Dunia-IDB Kolaboratif Dukung Keuangan Syariah

Sebagai perangkat potensial untuk pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, Bank Dunia (World Bank/WB) dan Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank/IDB) menyetujui, landasan dialog internasional tentang keuangan syariah.

Ini telah direalisasi lewat nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dalam menetapkan kerangka, untuk kolaborasi dan mendukung pengembangan keuangan syariah (Islamic finance).

Siaran pers Bank Dunia, Senin menyebutkan, Presiden IDB, Dr Ahmad Mohamed Ali, dan Direktur Pengelola WB, Dr Mahmoud Mohieldin, menandatangani MoU di Tokyo, Jepang, bertujuan yang sama untuk mendorong, mendukung, dan mempelajari pengembangan keuangan syariah secara global.

Maksudnya, MoU itu mengadopsi sejumlah prinsip, seperti saling membagi pengetahuan untuk mengidentifikasi dan menyebarkan praktik yang tepat, dalam industri jasa keuangan syariah. Serta, menyuburkan gagasan yang akan mendorong pengembangan keuangan syariah, yang penting untuk pertumbuhan, efisien dan inklusi finansial.

Selain itu, MoU tersebut juga mendorong riset dan mempromosikan kesadaran kerangka manajemen risiko, yang sesuai untuk lembaga keuangan syariah pada khususnya dan industri keuangan syariah pada umumnya. Serta membangun kapasitas dalam industri jasa keuangan syariah, dengan maksud mendukung stabilitas finansial dan mempromosikan peningkatan akses terhadap jasa keuangan syariah di pasar di seluruh dunia.

Lebih jauh Mahmoud Mohieldin menekankan pentingnya, MoU itu untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan saling membagi pengetahuan antara dua lembaga tersebut.

“MoU yang ditandatangani antara IDB dan WB akan membantu memperdalam pemahaman tentang keuangan syariah,” ujarnya.

Sumber : Harian Terbit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: