• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Pemerintah Diharap Dukung Perbankan Syariah agar Setara dengan Malaysia

Peran negara-negara Teluk dalam maslah perbankan syariah dinilai masih cukup dominan, sementara untuk Asia Tenggara masih dimotori oleh Malaysia. Pernyataan ini disampaikan Direktur Bisnis Bank BNI Syariah, Dr. Imam Teguh Saptono. Sementara Indonesia, perbankan syariah sudah dua puluh tahun lahir, namun belum bisa sebanding dengan negara tetangga Malaysia.

“Ini kan sudah konteks existing yang memang masih didominasi oleh Malaysia untuk Asia Tenggara tapi kalau dilihat dari potensinya kita jauh lebih besar dari Malaysia,” ujarnya kepada hidayatullah.com, Kamis (25/10/2012).

Perbankan syariah di Malaysia menurut Imam sudah lahir sepuluh tahun sebelum perbankan syariah Indonesia lahir. Di sisi lain, perbankan konvensional sudah lebih dari 40 tahun perkembangannya.

“Kalau di Malaysia seperti yang ada itu relatif sudah lebih kuat dibanding Indonesia, lebih kuat memang karena mereka itu perbankan syariahnya sudah ada sepuluh tahun lebih awal dari kita. Di Indonesia, Muamalat baru ada tahun 1992.”

Masih menurut Imam, saat market share Malaysia sudah 5% sedangkan Indonesia baru 4%, seharusnya tahun ini sudah lewat dari 5%.Oleh karena itu, Imam berharap ada keberpihakan yang lebih kuat lagi dari pemerintah kepada perbankan Islam.

Sumber : Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: