• Link Registrasi

  • Video SEF

  • SEF adalah komunitas ilmiah mahasiswa UG dengan minat ekonomi syariah, di bawah naungan BEM FE Universitas Gunadarma bimbingan Bpk. Budi Prijanto, SE., MMSI.

Nur Azifah

Nur Azifah

Sharia Economic Forum (SEF) merupakan organisasi dakwah ekonomi syariah di Universitas Gunadarma. Nur Azifah yang biasa disapa dengan Zifa bergabung bersama SEF sejak tahun 2009. Dan pada tahun 2011-2012, Zifa diberikan amanah sebagai Koordinator Divisi Hubungan masyarakat SEF Universitas Gunadarma. Bersama Ketua SEF periode tersebut yaitu Muhamad Rizky Rizaldy membentuk sistem baru yang lebih efektif untuk mengembangkan media komunikasi Sharia Economic Forum salah satu nya melalui blog www.shariaeconomicforum.wordpress.com ini dan sosial media lainnya. Setelah akhir kepengurusan, Zifa masih diberikan amanah menjadi Dewan senat SEF Universitas Gunadarma divisi Hubungan Masyarakat.

Selama tahun 2012, Zifa juga dipercaya untuk menjadi Staff Komunikasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), sebuah organisasi para praktisi, akademisi dan lembaga-lembaga keuangan syariah berkumpul dan melaksanakan program sosialisasi terstruktur dan berkesinambungan kepada masyarakat mengenai ekonomi syariah. Zifa bertugas menjadi juru bicara, mengelola website http://www.ekonomisyariah.org dan http://www.islamiceconomic.org serta menjadi MC di beberapa event executive course ekonomi dan bisnis syariah yang diadakan oleh MES. Selain itu Zifa juga mengelola website ekonomi syariah lainnya yaitu http://www.zonaekis.com.

Di tahun 2012-2013, Zifa mulai bergabung dengan Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Nasional sebagai perwakilan dari SEF Universitas Gunadarma. Zifa diberikan amanah sebagai Departemen Nasional Media FoSSEI Nasional dan bertugas sebagai web administrator http://www.fossei.org dan berhasil menjadi salah satu pelopor perbaikan media dan website FoSSEI Nasional. Dan pada akhir periode kepengurusannya, SEF meraih penghargaan sebagai Media Terbaik Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) se-Nasional pada FoSSEI Award 2013. Tentu saja penghargaan ini adalah keberhasilan dari kerja keras divisi hubungan masyarakat SEF dari tahun ke tahun.

Dan hingga saat ini, Zifa masih menjabat sebagai dewan senat di SEF Universitas Gunadarma dan Korps Alumni FoSSEI (KA-FoSSEI). Bersama SEF Universitas Gunadarma Zifa merasa bahagia dan bersyukur, karna berkat SEF kini Zifa mendapatkan arah tujuan dan impian yang ingin diraih. Sekarang Zifa sedang melanjutkan Studi Magister Sains Jurusan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Universitas Indonesia sekaligus menjadi Dosen Akuntansi dan Manajemen di Universitas Gunadarma. Selain itu Zifa juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif di PT. Ruang Raya Indonesia, global team ambassador di Student Competitions, program officer http://www.ruangguru.com dan Co-founder Medinat Islamic Finance House.

Dari SEF, saya dapat mengukir segudang prestasi, pengalaman, wawasan dan jaringan serta ukhuwah. Di sinilah tempat awal mula saya untuk melangkah menuju impian masa depan. Di sinilah awal mula saya mulai mengetahui makna cinta karena Allah.

“SEF Universitas Gunadarma bukan hanya sekedar organisasi bahkan sudah merupakan keluarga kedua bagi saya”, tutur zifa.

Selama menjabat sebagai humas SEF Universitas Gunadarma, Artikel dan berita mengenai Zifa juga banyak di terbitkan oleh UGNews, dan berikut ini adalah salah satu artikel yang di tulis mengenai Zifa dan SEF Gunadarma :

Manfaat Ganda

Bergabung di komunitas ekonomi syari’ah UG ternyata membawa manfaat ganda. Hal tersebut sangat dirasakan sekali oleh Nur Azifah atau yang lebih akrab disapa Zifa. Tak hanya pengetahuan tentang konsep ekonomi Islam yang ia dapat, konsep tentang nilai-nilai Islami juga didapat tentunya sangat penting sebagai seorang muslimah. Karena itu tidak salah ketika awal pertama kuliah dulu ia memutuskan bergabung di komunitas Ekonomi Islam di UG.

Sharia Economic Forum (SEF) adalah tempat Zifa bergabung. karena SEF inilah satu-satunya wadah resmi yang ada di UG. Dan SEF ini secara structural di bawah naungan BEM Fakultas Ekonomi UG.

“Sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi, kiranya lebih tepat bila saya bergabung di SEF. karena SEF memberikan pilihan baru tentang konsep ekonomi syariah atau ekonomi Islam,” ujar mahasiswa angkatan tahun 2008 ini.

Menurut Zifa, setelah lama bergabung di SEF, baru kali ini ia merasakan betul akan manfaatnya bisa bergabung di SEF. sebelumnya biasa-biasa saja, Tapi setelah SEF mengalami pergantian pengurus dan SEF dipimpin oleh Aldy, mulai nampak perubahannya. Terutama yang dirasakan oleh Zifa sendiri. Untuk pertama kalinya Zifa bersama 9 orang anggota SEF lainnya berkesempatan mengikuti Sharia Economist Training 2011 yang diselenggarakan oleh Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Jabodetabek yang berlangsung di Kampus Universitas Tazkia.

“Saya beruntung sekali bisa mengikuti training. karena lewat training saya dapat materi public speaking, kepemimpinan, serta ekonomi syariah itu sendiri dari pakarnya,” ujar Asisten Laboratorium Manajemen Menengah UG ini.

Namun lebih dari itu, menurut Zifa, ia juga mendapatkan sesuatu yang berharga tentang nilai-nilai Islam itu sendiri. Karena konsep ekonomi syariah ternyata tidak hanya ekonomi saja yang berdasarkan syariah atau Islam. Tapi pelakunya atau orang yang mempelajari ekonomi syariah tersebut harus pula menerapkan nilai-nilai Islam.

“Inilah yang membuat saya makin tertarik. Karena saya dapat dua-duanya, Ya dapat ekonominya, juga nilai-nilainya yang sangat berguna dalam kehidupan saya,” tandasnya.

Sumber : UGNews | Vol. 8 | No. 02 | 05 Maret 2011 | Edisi : 170 | Hal. 16

Facebook: Nur Azifah

E-mail: nurazifah.sef@gmail.com

Twitter: @Azifa

Skype: nurazifah9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: